LUAPAN AIR BENGAWAN SOLO MELUBER KE PERKAMPUNGAN, WARGA MENGUNGSI



Luapan sungai Bengawan Solo di Lamongan kian parah, hingga melebihi ketinggian tanggul. akibatnya, air meluber ke perkampungan warga dan mengharuskan warga mengungsi ke tempat aman.

Luapan sungai Bengawan Solo yang terjadi dalam sepekan terakhir semakin tinggi. di beberapa titik, ketinggian air melebihi ketinggian tanggul. di desa Bedahan kecamatan babat misalnya, luapan air meluber ke pemukiman warga. meski warga telah melakukan peninggian tanggul dengan karung-karung pasir, namun, air Bengawan Solo terus meluap.


Volume naiknya airsungai, menurut warga, terjadi sejak tadi malam. sejak itu, warga langsung mengungsi dengan membangun tenda-tenda darurat, di tempat yang lebih aman.

Karena banjir telah menjadi langganan setiap tahunnya, warga telah bersiap-siap menyembut banjir dengan menyelamatkan harta benda berharga terlebih dahulu, sejak air sungai Bengawan Solo mengalami peningkatan.

Kini warga di hadapkan kembali pada kurangnya suply bantuan pangan dan obat-obatan dari pemerintah. apalagi, sejumlah warga mengungsi dengan persediaan logistik yang terbatas.

Tak hanya itu, sejumlah tanggul mulai kritis dan di khawatirkan jebol, jika luapan sungai Bengawan Solo, belum kunjung usai. warga berharap, pemerintah membangun tanggul permanen yang kuat, untuk mencegah banjir terulang kembali.


0 comments:

Post a Comment