SIMPAN DATA DI FILE GAMBAR


Saat bekerja di komputer yang di gunakan orang banyak, semisal di kantor dan warnet, kadang kita ingin menyimpan data tersebut baik data yang di buat menggunakan Microsoft Word, excel dan lain sebagainya, agar aman dan tidak di buka orang lain.


Meski data tersebut sebenarnya bisa di proteksi dengan password, namun, saat ini sudah banyak bermunculan software-software pembobol password Microsoft Word, excel serta software-software lainnya.

Berikut ini, salah satu jalan mengamankan file dengan cara menyimpan file data ke dalam file gambar. Trik yang juga di kenal dengan istilah Steganography ini, akan mampu mengelabuhi orang lain. Berikut caranya :

1. install dulu software Winrar

2. jadikan file data sebagai file rar. Misalnya, data.doc akan menjadi data.rar

3. siapkan sebuah file gambar, misalya berbentuk jpg seperti gambar.jpg

4. simpan data.rar dan gambar.jpg dalam sebuah folder agar memudahkan modifikasi

5. klik tombol start, Run, lalu ketik cmd

6. setelah masuk ke DOS, masuk ke folder tempat kedua file tersebut di simpan. Misalnya berada di d:\folder, ketik d: lalu ketik cd folder

7. ketik copy /b gambar.jpg + data.rar new.jpg. Dengan begitu, kita sudah punya file baru bernama new.jpg yag berisi gabungan file data.rar dan file gambar.jpg, sehingga kapasitas file akan bertambah, yakni data.rar + gambar.jpg

Untuk membuka data yang tersimpan di file new.jpg, double klik file new.jpg. Setelah terbuka, klik kanan, Select Open With >> Choose Program. Kemudian pilih Winrar Archiver. Maka file data.rar akan terbuka. Jika terdapat error, berarti winrarnya tidak kompatible. Gunakan Winrar versi terbaru, yakni versi 3.80 atau 4.65. Jika belum bisa di ekstrak, gunakan software peng-ekstrak lainnya seperti IZArc.

0 comments:

Post a Comment