SUNGAI LAMONG MELUAP, RENDAM RATUSAN RUMAH



(GRESIK) Ratusan rumah warga di Gresik Jawa Timur, terendam banjir akibat meluapnya Sungai Lamong. Warga resah, karena daerahnya menjadi langganan banjir besar, setiap musim hujan.

Lima desa yang terandam banjir yakni desa Belik Sumber, Kedungrukem, Sedapur Kelagen, Bulang Kulon, dan Desa Gluran Ploso Kecamatan Benjeng.


Banjir terjadi akibat meluapnya sungai Lamong, menyusul hujan deras yang turun selama hampir dua jam. Di perkampungan, ketinggian banjir mencapai lutut orang dewasa. Bahkan, di sejumlah titik mencapai 1 meter.

Akibat banjir, warga merasa cemas karena desanya menjadi langganan banjir setiap tahun, selama 16 tahun lamanya, dan hingga kini belum teratasi. “kondisi seperti ini sudah berlangsung 15 tahun lebih, tapi belum di atasi pemerintah” ujar Sumiarti, warga desa Kedung Rukem.

Banjir yang terjadi sejak pagi ini, juga membuat ratusan hektar tanaman padi, yang rata-rata jelang panen, terendam banjir.

Akibat banjir, warga harus menanggung rugi puluhan juta rupiah, karena tanaman padi dan perabot rumah tangga, ikut terendam banjir.

Banjir yang melanda lima desa di kecamatan benjeng ini, diperkirakan akan terus meluas ke desa lain di sekitarnya, karena arus sungai lamong, hingga kini terus mengalir cukup deras, dan curah hujan masih tinggi.

0 comments:

Post a Comment