SUNGAI MELUAP, 4 DESA BANJIR



(Lamongan) Hujan deras dalam 1 minggu terakhir, menyebabkan sungai Bengawan Jero di Lamongan Jawa Timur yang merupakan anak sungai Bengawan Solo, meluap. Akibatnya, 4 desa di sepanjang sungai, terendam banjir. Bahkan, satu di antaranya terisolir akibat putusnya jalan akses menuju desa.


Kesibukan warga di sungai bengawan jero, yang dalam 2 hari terakhir meluap akibat tingginya curah hujan, tak seperti biasanya. Sejak meluap akibat tingginya curah hujan di sekitarnya, anak sungai bengawan solo tersebut/ menjadi sarana transportasi menyusul terendamnya sejumlah ruas jalan desa.

Tak hanya itu, luapan sungai Bengawan Jero juga menyebabkan 4 desa di sepanjang aliran sungai, terendam. yakni Kebudi Bener dan Kemlagi Lor Kecamatan Turi, desa Waru kecamatan Karang Binangun, serta desa Bujo Asri kecamatan Kali Tengah.

Desa Bujo Asri adalah yang paling parah mengalami banjir. Puluhan rumah warga terendam banjir dengan ketinggian 50 centi meter. Banjir juga merendam ratusan hektar sawah dan tambak, bahkan juga menggenangi jalan desa hingga memutus jalur transportasi dari dan menuju desa Bujo Asri.

Akibatnya, warga terpaksa menggunakan perahu sebagai alat transportasi menuju luar desa.

menurut warga, banjir tahunan ini terjadi dalam 5 tahun terakhir dan biasanya berlangsung hingga 1 bulan. Namun, tahun ini adalah yang paling parah. “ biasanya banjir ini sampai satu bulan lamanya” ujar Suwandi salah seorang warga.

Suwandi yang juga perangkat desa setempat menambahkan, ketinggian air fluktuatif tergantung tinggi rendahnya curah hujan.

Akibat kondisi ini, kerugian yang di alami warga mencapai ratusan juta rupiah.

Warga berharap, pemerintah membangun tanggul sepanjang sungai serta mengeruk sungai agar tidak kembali meluap.

0 comments:

Post a Comment