DAPUR PELEBURAN BAJA PT BARATA INDONESIA MELEDAK, 2 KARYAWAN LUKA-LUKA



Dapur peleburan baja PT Barata Indonesia, di Gresik, Jawa Timur, Jumat Petang (13/03/2009) meledak, hingga menghancurkan sebagian atap dan dinding kaca di sekitar lokasi ledakan. Hingga kini, belum diketahui penyebab terjadinya ledakan, karena pihak PT Barata masih melakukan penyeledikan. Namun, 2 orang karyawan yang sedang bekerja, mengalami luka parah. Sempat terjadi ketagangan antara wartawan dan Satpam rumah sakit, saat para wartawan mengambil gambar penanganan korban.

Peristiwa ledakan di dapur peleburan baja PT Batara Indonesia di jalan Veteran kecamatan Kebomas, Gresik, terjadi sekitar pukul 17.oo sore ini. Ledakan keras sempat terdengar hingga radius 2 kilo meter dan membuat panik warga di sekitar lokasi kejadian.


Warga yang rumahnya berdekatan dengan lokasi pabrik mengaku dua kali mendengar suara ledakan, dengan tekanan cukup kuat. Bahkan, warga sempat melihat cahaya kilat, seperti petir dari asal suara ledakan.

Petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi untuk memadamkan kobaran api yang di timbulkan oleh ledakan.

Ruang dapur seluar 10 kali 10 meter persegi tersebut, mengalami kerusakan di bagian atap. Bahkan, serpihan kaca, terlihat berserakan.

Sejauh ini, petugas masih menyelidiki penyebab ledakan. Namun, pihak manajemen pabrik, mengaku belum mengetahui penyebab terjadinya ledakan, karena masih melakukan penyelidikan.

Safik, kepala divisi pengecoran, mengatakan, mesin pada dapur peleburan yang menggunakan tenaga listrik tersebut, masih layak di gunakan karena di produksi pata tahun 1988. Bahkan, pihaknya selalu memeriksa kondisi mesin.

“Ledakan itu, terjadi di luar dugaan, karena kita rutin memeriksa kondisinya” tutur Safik kepada Berita 86.

Akibat ledakan ini, 3 orang karyawan mengalami luka-luka dan menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Semen Gresik. Sempat terjadi ketegangan antara wartawan dan Satpam rumah sakit, saat para wartawan sedang mengambil gambar korban dari luar ruangan.


0 comments:

Post a Comment