HALAMAN LOGIN PALSU, CARA LAIN MENJARING PASSWORD EMAIL


Fake login page atau halaman login palsu adalah salah satu teknik menjaring password paling ampuh. Page login palsu biasanya di letakkan di web site seorang hacker dan pada judul halamannya di tulis Login Page atau Submit To Our Community dan seterusnya.

Membuat page login palsu tidaklah sulit dan tidak perlu keterampilan khusus seperti menguasai bahasa html, java script, PHP dan lain sebagainya. cukup masuk ke http://www.jotform.com/, sebuah situs penyedia layanan membuat page login. Meski tujuan sebenarnya jorform adalah menyediakan layanan pembuatan page login biasa, namun, layanan tersebut bisa di salah gunakan untuk menjebak pengunjung web/blog memasukkan alamat email dan passwordnya dengan harapan menjadi anggota community.


Setelah masuk Jotform, kitaharus mendaftar dulu sebagai anggota dengan memasukkan alamat email asli kita. Tujuannya, data yang di masukkan pengunjung web akan di kirim ke email kita. Jika registrasi sukses, kita mulai membuat form dengan mengklik menu New. Selanjtnya kita setting sendiri bentuk page login sesuai keinginan kita.

Untuk mengedit panjang dan item form isian, bisa dengan men-drag item tersebut ke halaman form login. Ada 3 fasilitas editor form, yakni TOOLBOX, POWER TOOTS, PAYMENT TOOLS SERTA PROPERTIES yang masing-masing memiliki fasilitas pengatur tersendiri. Jika pernah menggunakan bahasa pemrograman berbasis interface seperti Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain sebagainya, maka tidaklah terlalu sulit membuatnya.

Setelah login page terbentuk, kita klik menu Source untuk mengambil kode htmlnya. Pihak jotform menampilkan 2 pilihan kode html, yakni akan besar page login akan menyesuaikan space di halaman web dan full code untuk menampilkan sesuai settingan kita.

Setelah di copy, kita masuk ke dashbor web atau blog kita, pastekan kode tersebut di halaman html.

Antisipasi Kejahatan Page Login Palsu
Para pengunjung web/blog hendaklah berhati-hati dengan penipuan gaya baru ini. Sebelumnya memasukkan data ke sebuah login page, perhatikan maksud atau tujuan utama penawaran memasukkan account kita, jika belum jelas, sebaiknya kita hindari saja. Atau masukkan saja data-data palsu untuk mengecoh. Jika keluar perintah Your Submission Has Been Received dengan cirri khas warna tulisan warna Orange dan hitam seperti yang ada di Dunia Password ini, maka kita patut curiga.

1 comment: