LOGISTIK PEMILU RUSAK, PEMUNGUTAN SUARA TERANCAM GAGAL



Meski pemilihan umum legislatif akan di laksanakan 1 bulan kedepan. namun berbagai logistik kelengkapan pemungutan suara di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamongan Jawa Timur, banyak yang rusak, sperti ribuan kotak dan kertas suara.

Sesuai jumlah hak pilih, kebutuhan kertas suara di Lamongan mencapai 4.300.000 lebih. Saat ini, pelipatan kertas suara masih dalam proses pelipatan. Rencananya, pihak KPUD Lamongan akan menuntaskan pelipatan tersebut pada hari Jumat mendatang.


Namun, pihak KPUD menemukan 3.000 kertas diantaranya dalam kondisi rusak. Jenis kerusakan beragam, mulai dari sobek hingga salah potong dan lain sebagainya.

Selain kertas suara, KPUD Lamongan juga mengalami kekurangan kotak suara sebanyak 6000 unit dari total kebutuhan yang mencapai 13 ribu unit lebih untuk 3.400 TPS. Hal ini disebabkan banyaknya kotak suara yang rusak.

kotak suara yang digunakan sejak pemilu 2004 lalu ini mengalami kerusakan serius. mulai dari kerusakan kunci hingga kotak suara yang bentuknya tidak utuh.

Jika kondisi ini tidak segera di atasi, pihak KPUD Lamongan memperkirakan pemilu legislatif, bisa berjalan tidak sempurna. Apalagi, sejumlah kawasan di Lamongan, masih di landa banjir luapan sungai bengawan solo, yang beberapa desa di antaranya, terisolir.

“Untuk itu, kita segera meminta KPU Propinsi mengusahakan penyelesaian sesegera mungkin” ujar Iskandar, salah seorang anggota KPUD Lamongan.

Iskandar menambahkan, saat ini pihaknya tengah mengumpulkan berbagai informasi untuk mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi, jika persoalan di atas tidak segera di atasi.

“Sampai saat ini, kami masih belum mendapatkan kepastian dari KPUD Propinsi, tentang jadwal penyelesaiannya” tambah Iskandar.

0 comments:

Post a Comment