MAHASISWA DEMO KPU TUNTUT PEMILU JURDIL



Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau PMII, senin siang (23/03/09) melakukan aksi unjuk rasa ke kantor KPUD Lamongan. Mahasiswa menuntut agar KPUD serta perangkat Pemilu lainnya, berlaku jujur dan adil dalam mengawal Pemilu nanti.

Para mahasiswa memulai aksinya dengan melakukan long march di jalan Basuki Rahmad kota Lamongan sambil membawa sejumlah poster berisi tuntutan kepada KPU dan perangkat Pemilu lainnya untuk melaksanakan tugas sesuai undang-undang. selain meneriaKkan yel-yel mendukung Pemilu jujur dan adil, mahasiswa juga membentang spanduk yang berisi himbauan pada masyarakat untuk menolak money politic, politisi busuk, serta intervensi pemerintah terhadap proses pemilihan umum legislatif 9 April mendatang.


Menurut para pengunjuk rasa, politik uang, politisi busuk serta intervensi pemerintah, adalah penyakit yang biasa berkembang dalam setiap pelaksanaan Pemilu. dan pada Pemilu legislatif kali ini, terdapat indikasi adanya ketiga penyakit tersebut.

Niat mahasiswa yang ingin menyampaikan tuntutan langsung dihalangi petugas yang berjaga di pintu gerbang kantor KPU. setelah berunding dengan petugas, akhirnya dua orang anggota KPUD bersedia menerima mahasiswa serta menerima surat berisi tuntutan.

Usai menyampaikan tuntutan ke kantor KPU, mahasiswa kemudian melanjutkan aksinya dengan mendatangi kantor Bupati, serta kantor Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat, guna menyampaikan tuntutan yang sama.

0 comments:

Post a Comment