MINYAK EXPLORASI PT AREMADA HESS TUMPAH KE LAUT, POLISI BARU MENDAPAT LAPORAN



Minyak Hidro Karbon Cair hasil eksplorasi PT Aremada Hess Indonenesia Pangkah di Gresik Jawa Timur, rabu lalu (08/04/09) tumpah ke laut. Belum di ketahui jumlah kerugian akibat peristiwa tersebut. Sayangnya, pihak kepolisian baru di mendapat laporan tentang kasus tersebut, hari ini (13/09/09).


Hampir seminggu lamanya, minyak hasil eksplorasi Aremada Hess Indonesia Pangkah Ltd, tumpah ke laut, di sekitar Pelabuhan Maspion Kecamatan Manyar. Peristiwa tersebut, terjadi hari Rabu lalu sekitar pukul 9 pagi. namun. menagement perusahaan asal Amerika itu, terkesan menutup-nutupi kasus ini, terbukti, pihak kepolisian baru mendapatkan laporan tumpahan minyak, hari ini.

Sebelumnya, pihak sekuriti pabrik sempat melarang para wartawan mengambil gambar. Namun, setelah polisi tiba di lokasi, para wartawan bisa mengambil gambar.

Sejauh ini, polisi masih melakukan penyelidikan dengan mengambil sample air serta sejumlah biota laut untuk di teliti di laboratorium sambil bekerja sama dengan bpmigas dan tim labfor untuk memastikan adanya unsur kesengajaan ataupun kelalaian dalam tumpahan minyak, termasuk apakah pipa mengalami kebocoran atau kilang minyak yang terlalu penuh.

“kita datang ke lokasi, untuk melakukan penyelidikan sambil bekerja sama dengan tim ahli untuk memastikan adanya pelanggaran undang-undang lingkungan hidup” ujar AKBP M Iqbal, kapolres Gresik saat di temui usai meninjau lokasi. Menurut Kapolres, pihaknya baru mendapat laporan dari masyarakat tentang tumpahan minyak.

Setelah minyak tumpah ke laut, managemen pabrik langsung melakukan lokalisasi tumpahan minyak di bibir pantai seluas 100 x 300 meter persegi agar tidak meluas ke lokasi lainnya.

Ricky Riswandri, Plan Manager PT Aremada Hess membantah, pihaknnya lamban melaporkan kasus ini ke polisi. Menurutnya, sesuai prosedur, harus melaporkan ke BP Migas. “Karena sesuai prosedur, kita harus melapor ke BP Migas” ujar Ricky Riswandi.

Pihak perusahaan sejauh ini belum bisa menghitung jumlah minyak yang tumpah serta nilai kerugian material dalam, kasus ini, karena masih melakukan penyelidikan.

PT Amerade Hess Indonesia Pangkah adalah perusahan migas asal amerika yang memiliki lapangan eksploitasi gas dan minyak lepas pantai di kecamatan ujungpangkah, Gresik. lapangan eksploitasi tersebut, menghasilkan gas yang disalurkan melalui pipa bawah laut ke sejumlah perusahaan industri di Gresik.

Sebelum dipasok ke perusahaan industri, ada terminal distribusi gas yang dibangun perusahaan ini di kecamatan manyar. keberadaan fasilitas migas ini sebelumnya juga dipersoalkan warga karena mencemari lingkungan.

0 comments:

Post a Comment