DEMO TUNTUT COMDEV KE PT AREMADA HESS, RICUH



Dengan mengendarai 4 truk, ratusan warga dari 4 desa di kecamatan Ujung Pangkah yakni desa Pangkah Wetan, Pangkah Kulon, Banyu Urip, Dan Desa Ngimboh, (04/05/2009) mendatangi kantor PT Aremada Hess di Kawasan Industri Maspion kecamatan Manyar, guna menuntut segera di realisasikannya program community development yang menjadi hak warga, meski perusahaan minyak asal Amerika tersebut, telah beroperasi 2 tahun lamanya.

Menurut warga, meski telah beroperasi selama 2 tahun, PT Aremada Hess belum merealisasikan janjinya.

Aksi demo warga berlangsung ricuh, saat saat para pengunjuk rasa berusaha masuk ke kantor perusahaan. pengunjuk rasa yang kecewa karena di halangi security PT Aremada Hess, akhirnya melampiaskan emosinya dengan mendobrak dan mengedor-gedor pintu masuk, hingga nyaris bentrok. Emosi warga akhirnya reda, setelah sejumlah aparat kepolisian, datang menenangkan emosi warga.

Gagal masuk kantor perusahaan, ratusan kembali melanjutkan aksinya ke depan gedung DPRD Gresik, guna menyampaikan aspirasi.

Dalam orasinya, mereka mengecam kebijakan perusahaan, yang tidak menepati janjinya. “Kita tidak ingin di bohongi lagi” pekik salah saeorang orator. Warga juga membawa sejumlah spanduk yang isinya menagih janji PT Hess.

Menurut warga, community development hanya diberikan kepada sebagian masyarakat tanpa proses sosialisasi, dan tanpa sepengetahuan pemerintahan desa.

Meski tidak puas dengan hasil hearing di DPRD, warga membubarkan diri dengan ertib sambil mengancam akan melakukan aksi serupa doi kemudian hari, jika tuntutannya tidak di penuhi.

PT Amerade Hess Indonesia Pangkah adalah perusahan migas asal amerika yang memiliki lapangan eksploitasi gas dan minyak lepas pantai di kecamatan ujungpangkah, gresik. lapangan eksploitasi tersebut, menghasilkan gas yang disalurkan melalui pipa bawah laut ke sejumlah perusahaan industri di gresik.

0 comments:

Post a Comment