DI LAMONGAN, BLT SEGERA DISALURKAN



Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Transmigrasi (Dnsosnakertrans) Lamongan Soni Harsono sampaikan pencairan alokasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk Lamongan tinggal menunggu jadwalnya saja. Hal itu disampaikannya saat Dialog dan Advokasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Ruang Sabha Dyaksa Pemkab Lamongan.

Dituturkan Soni, mekanisme pencairan BLT memang langsung melalui PT Pos Lamongan kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang jadi sasaran program ini. “Penyaluran BLT ini tinggal menunggu jadwalnya saja untuk disalurkan. Karena sebelumnya PT Pos sudah salurkan PKH sehingga tidak memungkinkan untuk sekaligus membagikan BLT. Di beberapa daerah lain ada yang sudah membagi alokasi BLT namun untuk PKH belum dibagikan, “ terang dia. Alokasi BLT tahun 2009 sendiri hanya untuk dua bulan, yakni Januari dan Februari sebesar 200 ribu untuk sejumlah 109.170 RTSM.

Pada kegiatan yang dihadiri para pendamping PKH, tokoh masyarakat serta perwakilan pelaksana PKH dari Kabupaten Tuban dan Bojonegoro itu Soni juga sampaikan seringnya masyarakat yang mensalahpersepsikan antara BLT dan PKH. Dijelaskannya, keduanya memang sama-sama program sosial untuk percepatan pengentasan kemiskinan. BLT masuk cluster perlindungan sebagai kompensasi kenaikan BBM untuk meningkatkan daya beli masyarakat dengan tanpa syarat penerimanya. Sementara PKH masuk cluster usaha kerakyatan yang mengharuskan syarat ketat dalam penyalurannya.

Hal senada disampaikan Agus Salim, staf ahli di Departemen Komunikasi Informatika (Depkominfo). Dalam keterangannya, Agus Salim sampaikan ada tiga cluster program sosial untuk pengentasan kemiskinan di Indonesia. Yakni cluster perlindungan seperti BLT, kemudian cluster pemberdayaan seperti Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan serta cluster ketiga usaha kerakyatan seperti Program Pengembangan Usaha Agrobis Pedesaan atau PUAP.

Program Keluarga Harapan (PKH) tahap I tahun 2009 atau periode Maret di Lamongan telah tuntas disalurkan. Dengan dana yang disalurkan mencapai Rp 11.080.345.000 untuk sejumlah 29.199 RTSM.Untuk tahun 2009 ini ada peningkatan RTSM sasaran penerima PKH. Yakni ditambah sejumlah 1803 RTSM di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Tikung (802 RTSM), Solokuro (345) dan Kecamatan Maduran (653). Sementara pada 2008 lalu program PKH di Lamongan meliputi 17 kecamatan dengan dana yang diserahkan mencapai Rp 36,6 milyar. (arf, Humas Pemkab Lamongan)

0 comments:

Post a Comment