DIR PAI DEPAG SIDAK UNAS PAI SMP DI GRESIK



Direktur Pendidikan Agama Islam Direktorat Pendidikan Islam Departemen Agama, Dr. H. Imam Tolkha, MA memantau Pelaksanaan Ujian Nasional Pendidikan Agama Islam tingkat SMP di Kabupaten Gresik. Jum’at (1/5).

Rupanya Pelaksanaan Ujian Nasional untuk mata pelajaran Agama Islam di Gresik menarik perhatian Departemen Agama. Jauh-jauh dari Jakarta para petinggi Depag yang beranggotakan masing-masing Kasubdit Kurikulum Depag, Dr. Syafiudin, Konsultan Dirjen Pendidikan Islam Prof Dr. Abdul Majid meninjau pelaksanaan Unas Pendidikan Agama Islam SMP di Gresik meninjau 3 sekolah masing-masing SMP Negeri I Gresik, SMP NU 2 Gresik dan SMP Muhammadiyah Gresik.

Kunjungan pejabat Depag pusat kali ini disertai oleh Bupati Gresik, Dr. KH. Robbach Ma’sum, Drs, MM, Kabid Madrasah dan Pendidikan Agama Islam Pendidikan Sekolah Drs. H. Hartoyo, M.Si, dan Kepala Dinas Pendidikan Gresik Drs. Chusaini Mustas serta beberapa Pejabat dari Dinas Pendidikan Gresik dan Departemen Agama Gresik. Menurut Imam Tolkha, tujuan pemantauan ini sebagai implementasi uji coba Unas PAI. Ujarnya pendek.

Sebelumnya Imam Tolkha diterima Bupati Gresik di ruang kerjanya menyatakan senang dan bangga dengan Kabupaten Gresik yang telah mendahului menyelenggarkan Ujian PAI dengan standard Unas. Imam Tolkha sempat menanyakan kepada Bupati tentang kebijakan pelaksanaan ujian PAI ini di Gresik.”Unas PAI ini karena support teman-teman”ujar Bupati merendah. Sebagai kota santri dan kota wal;i tentu kita harus berani konsekwen dengan sebutan tersebut. Apa salahnya kita mulai Unas PAI ini di Gresik tambah Robbach.

Selain Kabupaten Gresik sebagai satu-satunya Kabupaten yang menyelenggarakan Unas PAI di Jawa Timur, ada 5 kota lain yang juga meneyelenggarakan Unas PAI ini masing-masing Kota Mataram (NTB), Kabupaten Singingi (Riau), Kabupaten Tanah Datar (Sumatera Barat), Kabupaten Indramayu (Jawa Barat) dan Kabupaten Musi Banyuasin (Sumatera Selatan).

Menurut Imam Tolkha, dari hasil evaluasi yang kami lakukan di Gresik ini, kedepan kami akan mengajukan Unas PAI secara Nasional. Namun demikian kami berharap, untuk Unas Tahun depan pelaksanaan Unas mata pelajaran PAI ini dapat dilaksanakan pada daerah yang lebih luas. Dengan harapan ada peningkatan pembelajaran Pendidikan Agama dari sisi kognitif ataupun praktek pelaksanaan Agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. (sdm, Humas Pemkab Gresik)


0 comments:

Post a Comment