RIBUAN BURUH TURUN KE JALAN TUNTUT HAK-HAK NORMATIF



Memperingati Hari Buruh Internasional, ribuan buruh dari berbagai elemen pekerja se-Kabupaten Gresik, hari ini (05/05/2009) turun ke jalan guna menuntut hak-hak dasar mereka nilai berjalan tidak sesuai norma kerja sebagaimana undang-undang perburuhan.

Para buruh ini, mendatangi kantor pengadilan serta Kantor Bupati Gresik untuk menyampaikan aspirasi mereka, sambil menggelar konvoi di beberapa ruas jalan di kota Gresik, hingga menimbulkan kemacetan panjang.

Menurut para buruh, pembangunan bidang ketenagakerjaan di Gresik masih berjalan di tempat karena masih di temukan banyak pelanggaran seperti upah di bawah UMK, penyelesaian kasus-kasus perburuhan yang selalu menemui jalan buntu, serta kriminalisasi terhadap para pekerja.

Untuk itu, buruh menuntut segera di bentuknya pengadilan hubungan industrial, agar kasus-kasus perburuhan bisa di selesaikan dengan baik.

Di samping menyerahkan langsung tuntutan mereka kepada pejabat terkait, para buruh juga membentangkan sejumlah spanduk sambil terus berorasi menyuarakan tuntutannya.

Aksi ini berakhir dengan tertib. namun, para buruh mengancam akan melakukan aksi serupa jika tuntutannya tidak di penuhi.

0 comments:

Post a Comment