DI EVAKUASI, KM MANDIRI NUSANTARA MASIH MENGEPULKAN ASAP



Untuk mempermudah proses penyelidikan, petugas dari Kesatuan Pengamanan Laut Dan Pantai Surabaya – Gresik serta tim dari Polisi Air setempat melakukan evakuasi (04/06/2009) dengan menarik KM Mandiri Nusantara menuju pelabuhan Semen Gresik, menggunakan 5 kapal Tugboat.

Saat di tarik, posisi kapal naas dalam posisi miring serta masih mengeluarkan asap di bagian mesin. Bahkan, kapal terlihat gosong di hampir semua sisi.

Proses evakuasi di laksanakan mulai pukul 20.00 malam dan di rencakan tiba di pelabuhan gresik pukul 22.00. Namun, karena cuaca buruk, KM Mandiri Nusantara baru tiba pukul 7.00 pagi ini.

Menurut rencana, pihak petugas dari KNKT dan kepolisian, akan melakukan penyelidikan mengenai penyebab musibah termasuk mencari 5 ABK yang hingga kini masih hilang.

“ Kita akan melakukan pendataan serta mencari 5 ABK yang di kabarkan hilang” Ujar IPTU Bintara, SH Kasatpol Air gresik.

KM Mandiri Nusantara berangkat dari pelabuhan tanjung perak surabaya, Jumat kemarin sekitar pukul 21.30 dengan tujuan kalimantan. Namun, ketika kapal sampai di sekitar pulau karamean, sekitar pukul 15.30, kapal tiba-tiba terbakar. Sebanyak 302 penumpang dan anak buah kapal dilaporkan selamat setelah di tolong tiga kapal Tugboat dan kemudian dievakuasi ke kapal motor tanker mitra galaxy.

1 comment:

  1. terlalu sering kecelakaan kapal di perairan Indonesia, sebaiknya dept.perhubungan harus memperhatikan lagi kondisi transportasi negara ini....

    ReplyDelete