KNKT : BANGKAI KM MANDIRI NUSANTARA MASIH BERBAHAYA



Hari kedua pasca di evakuasi ke Pelabuhan Indonesia Marina Shipyard, Gresik, bangkai KM Mandiri Nusantara masih mengeluarkan asap (05/06/2009). Tim dari KNKT belum bisa memulai penyelidikan mengenai penyebab terbakarnya kapal naas yang mengangkut 302 penumpang di perairan Sumenep Sabtu lalu.

Menurut Ketua Sub Komite Kecelakaan Laut Knkt, Hermanu Karmoyono, banyaknya jenis barang yang terbakar di dalam kapal, kemungkinan mengeluarkan berbagai jenis gas yang berbahaya. Timnya baru akan memasuki kapal, setelah ada kepastian keselematan dari otoritas pelabuhan.

“Di dalam kapal ada mobil yang terbakar dan berbagai jenis barang lainnya, di khawatirkan mengandung gas berbahaya” Ujar Hermanu Karmoyono.

Tim KNKT bertugas akan mengumpulkan data-data awal yang terdapat dalam kapal untuk selanjutnya di serahkan tim ahli dalam merumuskan penyebab musibah.

Sejauh ini, tim dari kepolisian, pemilik kapal, administrator pelabuhan dan KNKT, masih merumuskan cara menetralisir kemungkinan adanya gas berbahaya. Rencananya, tim pendahuluan akan membuka bodi samping kapal serta memasang blower untuk menetralisir kandungan gas.

0 comments:

Post a Comment