LAPORAN APBD DITERIMA DENGAN SEJUMLAH SARAN



Pertanggungjawaban APBD Kabupaten Lamongan Tahun Anggaran (TA) 2008 diterima secara bulat oleh semua fraksi DPRD setempat saat Rapat Paripurna pembahasan Pertanggungjawaban APBD TA 2008. Yakni oleh Fraksi PAN, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PKBdan Fraksi PDIP. Meski demikian, masih ada sejumlah saran dari masing-masing fraksi dan panitia anggaran (Panggar).

Pendapat Panggar yang disampaikan Sekretaris Panggar Sutardjo Syafi’ie dalam sarannya minta agar sistem seleksi penerima beasiswa bagai mahasiswa keluarga miskin benar-benar dilaksanakan secara transparan dan hasilnya diumumkan terbuka. Selain itu,dengan semakin banyaknya berdiri perusahaan besar di Lamongan, Panggar berharap Pemda mengambil langkah-langkah bijak pada perusahaan-perusahaan tersebut agar turut memberi kontribusi sosial berupa beasiswa untuk mahasiswa atau pelajar berprestasi.

Sementara FPAN meminta Pemda untuk memeberi perhatian serius bagi infrastruktur pertanian. FPAN terutama minta untuk lakukan perbaikan sarana irigasi, normalisasi waduk dan embung desa, perbaikan pintu air waduk dan mengusahakan adanya program Jalan Usaha Tani untuk memperlancar transportasi produksi pertanian. ”Dengan masih banyaknya kualitas proyek yang dibawah standar, FPAN minta agar lebih meningkatkan fungsi dan peran Inspektorat dalam melakukan pengawasan proyek baik yang kontraktual maupun swakelola, ” kata juru bicara FPAN Basuki, Senin (15/6).

Juru bicara FPDIP Sugiarsih dalam pandangan akhir fraksinya mengingatkan agar jangan pernah mengerahkan segala sumberdaya dan aparatur daerah hanya untuk memenuhi indikator-indikator penilaian suatu penghargaan. Dilanjutkannya, perolehan pendapatan asli daerah (PAD) ditengah kampanye efisiensi dan efektifitas bagi peningkatan manajemen perusahaan daerah, ternyata laba PD Aneka Usaha masih belum berikan kontribusi signifikan.”Fraksi kami berpendapat BUMD telah dalam kategori mismanajemen, ” ungkap dia.

Hal senada disampaikan juru bicara FPKB Ningsih Musyafaah. Dikatakannya, diharapkan peusahaan-perusahaan daerah mampu dan terus meningkatkan kinerjanya secara professional sehingga mampu meraih laba yang besar. Sedang FPartai Golkar lewat juru bicaranya Purwanto berharap agar berbagai penghargaan yang diperoleh Kabupaten Lamongan dapat menjadi motivasi aparatur untuk memacu kinerja demi kesejahteraan masyarakat.

Bupati Lamongan Masfuk dalam sambutannya tuturkan berbagai capaian prestasi yang diraih Pemkab Lamongan tunjukkan kinerja Pemerintah Daerah. Prestasi itu juga, lanjut dia, capaian prestasi itu adalah hasil kerja pemerintah bersama DPRD serta partisipasi seluruh masyarakat Lamongan. ”Pada akhirnya ini semua untuk tingkatkan kesejahteraan masyarakat Lamongan, ” ujar dia. (arf, Humas Pemkab Lamongan)

0 comments:

Post a Comment