UNIT PELEBURAN TEMBAGA PT SMELTING MELEDAK, 2 PEKERJA TERLUKA



Unit peleburan dan pemurnian tembaga PT Smelting di Gresik Jawa Timur, Kamis Sore (04/06/2009), hangus terbakar hingga menimbulkan ledakan. Kebakaran terjadi di areal unit smelter yang merupakan tempat peleburan tembaga PT Smelting, di Jalan Raya Maduran, Kecamatan Manyar, Gresik.

Akibatnya, ratusan pekerja yang sedang melakukan tugasnya, berhamburan keluar, untuk menyelamatkan diri.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tetapi dua orang pekerja mengalami luka ringan, yakni Subkalikun (48 tahun) dan Atim (40 tahun), akibat terkena luka bakar di bagian jari-jari dan kaki akibat terkena lelehan tembaga dan pecahan kaca.

Setelah mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Semen Gresik, kedua korban akhirnya diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

Antonius Prayoga, Senior Manager Unit Smelter mengatakan, api berasal dari tumpahnya tungku berisi 400 ton cairan panas tembaga yang mencapai 1.200 derajat celcius, hingga menimbulkan beberapa kali ledakan.

“Awalnya, 400 ton cairan panas tembaga tumpah ke lantai dan bercampur air di lantai hingga menimbulkan ledakan” Ujar Antonius Prayoga, Senior Manager Unit Smelter.

Tumpahan tembaga cair panas juga sempat meluber di sekitar 30 meter di luar pabrik. Untuk mencegah luberan tembaga cair panas, disebarkan pasir silica agar tidak semakin menyebar.

Sebanyak 8 unit mobil pemadam kebakaran, yang didatangkan ke lokasi kejadian, berhasil menjinakkan api, setelah berjuang selama hampir satu jam.

Hingga kini, belum diketahui persis penyebab terjadinya tumpahan yang menjadi penyebab musibah. Pihak perusahaan juga belum bisa menghitung total kerugian yang di tanggungnya. Namun, aktivitas produksi di unit peleburan, lumpuh total.

0 comments:

Post a Comment