DEMO BURUH KE DISNAKER DIBUBARKAN POLISI



Aksi unjuk rasa, dilakukan sekitar seratus buruh pabrik pengolahan kayu PT Eastwood Timber Industries, dengan mendatangi Kantor Dinas Tenaga Kerja setempat.

Mereka menuntut Disnaker mencabut ijin operasional perusahaan jasa pengerah tenaga kerja PT Dwi Arta Nugraha yang selama tersebut, mempekerjakan mereka, karena membayar upah sebesar Rp 868.400, jauh dibawah UMK Gresik, yang mencapai Rp 972.400.

Selain menggelar poster berisi tuntutannya, pengunjuk rasa juga menggelar orasi, secara bergantian, di depan pintu masuk kantor Disnaker.

Dalam orasinya, pengunjuk rasa, juga menuntut statusnya menjadi karyawan tetap PT Eastwood Timber Industries, sesuai keputusan Disnaker setempat.

Perundingan antara perwakilan buruh dengan Disnaker, akhirnya menghasilkan kesepakatan, diantaranya kaDisnaker, menjamin, akan memutuskan kasus perselisihan buruh, maksimal hari Kamis mendatang, karena harus berunding dengan pihak perusahaan.

”Jadi kita menunggu keseriusan Disnaker hari Kamis besok” Ujar Muhammad Agus, korlap aksi.

Aksi demo buruh tersebut, akhirnya dibubarkan polisi, karena pengunjuk rasa tidak mengantongi Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) dari Mapolres Gresik. polisi sempat mengeluarkan mobil pengangkut sound system. Namun, polisi belum bertindak lebih tegas, karena para buruh kemudian membubarkan diri dengan tertib.

0 comments:

Post a Comment