KRISIS AIR BERSIH, 1 SUMUR UNTUK WARGA 10 DESA



Sejak memasuki musim kemarau, krisis air bersih melanda sejumlah desa di Gresik Jawa Timur. Bahkan, sebuah sumur tua yang sumber airnya deras, terpaksa di manfaatkan warga di 10 desa.

sudah menjadi kebiasaan setiap musim kemarau, warga Desa Pundut Trate Kecamatan Benjeng, mengalami krisis air bersih. hilangnya persediaan air bersih ini, sudah terjadi sejak satu bulan lalu.

Beruntung, di desa ini masih terdapat sebuah sumur tua yang sumber airnya lumayan besar hingga mampu melayani kebutuhan air bersih selama musim kemarau. Bahkan, sumur sedalam 17 meter ini, juga di manfaatkan warga di 10 desa sekitarnya. seperti desa Metatu, Jati Rembe dan Kedung Sumber Kecamatan Benjeng, Desa Gredek dan Sumengko Kecamatan Duduk Sampeyan.

Hampir di pastikan, setiap hari sumur yang berlokasi di tengah sawah ini, tak pernah sepi dari aktifitas warga yang mengambil air. Warga yang datang ke lokasi sumur, juga terdapat anak-anak yang membantu orang tuanya mengambil air.

Dengan kondisi airnya yang bersih, warga memanfaatkannya untuk keperluan sehari-hari, seperti memasak, minum dan mandi.

“Airnya bagus sekali, cocok untuk keperluan sehari-hari selama musim kemarau” Ujar Kasiati, warga setempat.

Meski memiliki sumber mata air yang kuat, namun, ratusan areal persawahan di sekitarnya, justru mengalami kekeringan hingga di terlantarkan.

0 comments:

Post a Comment