DI SERANG MAIL BOMBER, TWITTER DAN FACEBOOK SEMPAT DOWN


Serangan Hacker sempat melumpuhkan layanan situs mikroblogging Twitter dan mengganggu situs jejaring sosial Facebook. Bahkan, Twitter sempat tidak bisa di akses dalam beberapa saat sejak serangan di terjadiJumat dini hari (07/08/2009). Lumpuhnya pelayanan Twitter dan facebook ini menyusul adanya ribuan tulisan yang berusaha berebut akses hingga membanjiri traffic situs.

Menurut analis keamanan dari perusahaan penasehat jaringan internet dan media digital Colin Sweetman, sang hacker yang diperkirakan berusia 14 hingga 15 tahun dengan membuat program yang mensimulasikan ribuan pengguna sedang berebut mengakses Twitter dan Facebook secara bersamaan. “Hal ini kemudian membuat jaringan kedua situs tersebut menjadi 'banjir' karena trafik yang terus besar dan meningkat sehingga jaringan twitter tidak bisa menampung akses ini," ujar Sweetman seperti yang di kutip okezone.

Kondisi ini sangat mengganggu kenyaman para Twitteroes sehingga komplain tentang tergangguna layanan twitter ini menjadi topik pembicaraan terhangat di kalangan Twitteroes

Untuk mengantisipasinya, Sweetman menyarankan agar Twitter mencari terlebih dahulu dari mana asal trafik 'bayangan' ini, kemudian melakukan blokir terhadap ribuan akses palsu (trafik bayangan) yang kemungkinan berasal dari satu tempat yang sama.
Di saat yang hampir bersamaan layanan jejaring sosial Facebook juga mengalami serangan yang sama. Namun layanan Facebook tidak sampai lumpuh sepenuhnya.

Serangan dengan membanjiri situs jejaring social dengan ribuan tulisan tersebut adalah teknik serangan terbaru. Hal ini terjadi karena ada celah keamanan yang mudah di manfaatkan untuk mengirimkan ribuan tulisan (mail bomber) ke facebook. Untuk mengetahui cara mengirim mail bomber ke facebook, baca di sini.

0 comments:

Post a Comment