MERAH PUTIH SATU TIANG PENUH MULAI 14 AGUSTUS



Dimulai pada 14 Agustus hingga 18 Agustus kedepan, diharapkan semua komponen masyarakat untuk kibarkan bendera merah putuh satu tiang penuh. Himbauan pengibaran bendera merah putih selama satu hari penuh ini disampaikan Ketua Umum panitia penringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-64 RI Lamongan Fadeli.

Dikatakannya, himbauan ini bukan hanya berlaku untuk lembaga atau instansi pemerintah saja. Namun juga berlaku untuk lembaga atau instansi swasta, tempat ibadah, rumah-rumah penduduk dan berbagai fasilitas umum lainnya. “Masyarakat diharapkan mulai memasang satu bendera penuh mulai 14 Agustus nanti. Ini hanya bagian kecil dari sumbangsih kita untuk merah putih yang telah diperjuangkan dengan taruhan nyawa oleh para pahlawan. Ini juga diupayakan sebagai partisipasi untuk menghargai dan mengisi kemerdekaan yang kini telah kita nikmati, “ kata Fadeli.

Fadeli juga sampaikan berbagai kegiatan menyambut HUT RI ke-64 sudah mulai digelar sejak bulan Juli lalu. Sementara kedepan mulai dari gerak jalan dari berbagai tingkatan, Sholat Hajat, Apel Perenungan Suci, hingga pengukuhan anggota pasukan pengibar bendera (paskibra) akan diadakan minggu ini hingga menjelang pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi pada 17 Agustus mendatang di Alun-alun Kota Lamongan.

Untuk gerak jalan berbagai tingkatan akan digelar secara beruruntun mulai besok (Selasa, 11/7). Dikatakannya, untuk tingkat SD/MI dilaksankan Selasa (11/7), tingkat SMP/SMA pada hari Rabu dan gerak jalan karyawan pada hari Kamis. Semuanya mengambil start dan finish di depan Pendopo Lokatantra setempat. Demikian pula lomba lari kemerdekaan 10 kilometer juga akan digelar pada minggu ini.

“Sementara sebelum dilakukannya upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI pada 17 Agustus pagi, akan dilakukan Sholat Hajat di Masjid Agung Lamongan dan pengukuhan anggota paskibra kabupaten di Pendopo Lokatantra pada 16 Agutus malam harinya. Selanjutnya pada tengah malam 16 Agutus akan dilakukan Apel Kehormatan dan Perenungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP), “ ujar dia.

Masih dalam rangkaian peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-64, lanjut Fadeli, seusai upacara detik-detik proklamasi berbagai kegiatan masih akan digelar. Seperti ziarah nasional di TMP setempat, pemberian santunan tali asih pada janda pahlawan dan veterang perang serta santunan untuk anak yatim piatu. “Sedangkan karnaval kemerdekaan mulai dilaksanakan sejak 18 Agustus mendatang. Hiburan rakyat juga dijadwalkan dilaksanakan pada tangal yang sama di malam harinya, “ kata Fadeli.

0 comments:

Post a Comment