PEMPROV BANTU KOPERASI IBU DI 2000 DESA



Pemprop Jatim tahun ini akan segera luncurkan program bantuan penguatan modal untuk ibu-ibu di desa. Bantuan tersebut tahun ini akan diberikan pada sejumlah koperasi ibu-ibu di 2000 desa di berbagai wilayah di jatim. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) saat hadiri Peringatan Isro' Mi'roj dan Silaturrahmi Asosiasi Kepala Desa (AKD) di Balai Desa Blawi Kecamatan Karangbinangun, Selasa (11/8/2009).

“Kalau ada pemimpin atau bapak-bapak yang hebat, itu karena ada isteri atau ibu-ibu yang hebat di sisinya. Inilah yang mendasari Gubernur Jatim (Pakde Karwo) untuk luncurkan bangtuan penguatan modal untuk koperasi ibu-ibu. Karena itulah ibu-ibu yang hebat ini perlu diberi bantuan agar bisa kembangkan usaha. Tahun ada akan ada koperasi ibu-ibu di sejumlah 2000 desa yang akan terima program ini, “kata Gus Ipul dalam acara yang dihadiri Sekkab Lamongan Fadeli tersebut.

Terkait pembangunan pedesaan, Gus Ipul sampaikan selama kurun waktu 30 tahun ini pembangunan di wilayah pedesaan seperti dilupakan. Selama kurun waktu tersebut, kata dia, pembangunan lebih banyak dilakukan di perkotaan. “Seperti disampaikan Gubernur, syarat agar bisa lakukan percepatan pembangunan di pedesaan adalah jika di desa itu ada uang. Karena itu ketika nanti undang-undang tentang perdesaan yang dalam salah satu pasalnya mewajibkan memberikan anggaran 10 persen dari APBD untuk desa, pembangunan bisa dipercepat. Asal dikelola dengan benar dan bisa dipertanggungjawabkan, “ ujar dia

Gus Ipul juga kembali sampaikan prioritas program pendidikan gratis yang dilakukan Pemprop jatim bersam seluruh kabupaten/kota di Jatim. Program tersebut, kata dia, dilandasi keinginan bagaimana caranya agar adik-adik usia sekolah bisa dapatkan pendidikan yang layak. Kalau perlu sampai wajib belajar (wajar) 12 tahun. “Untuk bisa menuju kesana, maka sekarang jaln menuju kesana digampangkan dulu. Dan ini adalah kewajiban pemerintah. Salah satu cara gubernur adalah dengan mengambil alih biaya sekolah. Saat ini baru wajar sembilan tahun yang diprioritaskan. Untuk wajar 12 tahun mungkin baru pada 2012 mendatang, “ ucap dia.

Sementara Fadeli dalam sambutannya sampaikan kehadiran Wakil Gubernur dalam kegiatan tersebut atas undangan AKD dalam kegiatan Isro' Mi'roj dan sambut bulan suci Ramadhan. “Sebentar lagi umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadhan. Acara silaturrahmi seperti ini penting artinya untuk mempererat ukhuwah islamiyah kita, “ kata Fadeli. Sementara terkait hari kemerdekaan, Fadeli sampaikan Kabupaten Lamongan di era pembangunan ini terus giatkan pembangunan sebagai bagian upaya isi kemerdekaan.

0 comments:

Post a Comment