PENTINGKAH ANONYMOUS DAN RE-MAILER ?


Pada dasarnya, saat anda berselancar di internet dengan singgah dari satu situs ke situs lainnya, anda akan meninggalkan sebuah bekas. Dari bekas itulah keberadaan anda bisa di lacak oleh pemilik situs. Sebab, web server mendata setiap request dengan mencatat tanggal, jam serta IP address.

Apa Anonymous Proxy ?
Untuk menghindari agar tidak terlacak, anda dapat menggunakan anonymous proxy untuk menjelajah web. Sebuah anonymous proxy memastikan alamat IP Anda tidak tersimpan pada log server Web. jika Anda mengakses internet melalui server proxy, maka hanya IP dari proxy tersebut yang akan dicatat.

Jika berselancar di dunia maya tidak melalui proxy anonim, maka anda benar-benar mempertaruhkan informasi penting yang anda miliki. Sebagai contoh, seorang hacker dapat dengan mudah menemukan Alamat IP anda, browser web Anda, Sistem Operasi Anda dan bahkan URL yang sebelumnya telah Anda kunjungi. Para hacker juga dapat mengetahui secara keseluruhan tentang banyak hal tentang diri anda seperti hostname anda, benua, negara, kota dan bahkan Internet Service Provider (ISP) anda.

Perhatikan skenario di mana seorang hacker mendapatkan akses ke komputer Anda, ia dapat mengetahui nama anda, alamat email, nomor telepon, berbagai usernama dan password secara rinci termasuk tentang perangkat lunak yang Anda gunakan, lokasi file dan folder pencarian string yang anda gunakan. Semua informasi ini disimpan dalam sebuah berkas seperti System.ini, USER.dat, SYSTEM.dat dan lain lain.

Apa itu Re-mailer

Anonim Re-mailer adalah layanan yang digunakan untuk mengirim pesan e-mail sehingga penerima e-mail tidak dapat menentukan identitas pengirim. Re-mailer menanggalkan informasi header yang mengarah ke identitas pengirim dan rute pesan melalui rantai re-mailer sebelum mencapai penerima. Re-mailer Banyak juga mencakup beberapa jenis enkripsi berbasis pesan.

Re-mailer biasanya digunakan untuk melindungi kerahasiaan jika pengirim maupun penerima berusaha mencegah terdeteksi oleh pihak ketiga.

Bagaimana Re-mailer bekerja ?

Re-mailer anonim adalah sebuah komputer yang terhubung ke Internet yang mampu mengirim (men-forward) pesan elektronik atau file ke sebuah alamat lain di jaringan sambil menyembunyikan "header" dari pesan. Sebab header pesan bisa menunjukkan dari mana email berasal dan siapa yang mengirimnya. Dengan membuka header email, penerima dapat melacak asal usul pesan.

Untuk melihat informasi header sebuah email yang dikirim melalui Outlook Express misalnya, pilih sebuah pesan di kotak masuk, lalu pilih File | Properties | Detil. Untuk melihat informasi header dalam Outlook, klik-kanan pesan dalam inbox dan pilih Pilihan informasi header.

Beberapa re-mailer mampu mengalokasikan masing-masing pengirim sebuah "anonim ID", agak mirip nomor PO Box, yang menyimpan alamat asli pengirim. Semua re-mailer cukup efektif dalam mengenkripsi header semua pesan keluar.

Re-mailer Anonymous sebenarnya diciptakan oleh pakar keamanan yang tertarik menyembunyikan email header sehingga tidak dapat ditelusuri kembali ke sumbernya. Ini bisa di gunakan oleh siapa saja yang ingin mengirim pesan ke sebuah server tentang subyek sangat sensitif dan nama mereka tidak dikenal.

Saat ini ANONYMIZERS dan REMAILER banyak tersedia di internet secara gratis. Anda bisa menggunakannya mulai sekarang untuk menjaga privacy. (86)

0 comments:

Post a Comment