RUKYAT DI BAWAH UFUK, 1 RAMADHAN 22 AGUSTUS



Jelang Ramadhan, tim Lajnah Falakiyah Pengurus Cabang Nahdatul Ulama Gresik Jawa Timur, (19/08/2009) mulai melakukan persiapan pemantauan hilal untuk menentukan awal puasa. meski kemungkinan besar 1 Ramadhan jatuh pada hari Sabtu 2 agustus 2009. Namun, sesuai sunnah Nabi, keputusan hari pertama puasa, tetap menuggu hasil sidang itsbat Departemen Agama.

Sebagaimana tradisi tahunan menjelang Ramadhan, tim rukyat hilal dari Departemen Agama dan berbagai Ormas islam akan melakukan kegiatan rutin melihat hilal di beberapa titik di seluruh nusantara. Di Gresik, kegiatan melihat hilal di pusatkan di Balai Rukyat Bukit Condrodipo Kecamatan Kebomas. Untuk itu, Lajnah Falakiyah PCNU gresik, sore ini (19/08/2009) kembali mempersiapkan prosesi kegiatan tahunan tersebut.

Persiapan meliputi kelengkapan peralatan serta sistem informasi online yang terhubung langsung dengan tim Lajnah Falakiyah NU Pusat.

Dalam rukyatul hilal awal Ramadhan tahun lalu, salah satu tim rukyatul hilal Gresik, berhasil melihat hilal dan menjadi salah satu saksi yang di hadirkan dalam sidang itsbat Menteri Agama di Jakarta.

Menurut anggota tim Lajnah Falakiyah PCNU Gresik, Abdul Muhid, berdasarkan hisab kontemporer, ketinggian hilal hari Kamis besok berada di min 2 derajat 30 menit di bawah ufuk, sehingga kecil kemungkinan hilal tidak bisa terlihat sesuai standar awal bulan.

“Ketinggian hilal besok berada di min dua derajat 30 menit, sehingga tidak memungkinkan di lihat dengan mata telanjang dan kemungkinan besar awal puasa jatuh pada hari Sabtu”. Ujar Abd. Muhid.

Muhid Menambahkan, meski bisa di pastikan hari Sabtu, namun, tradisi melihat hilal tetap akan di laksanakan sesuai perintah Nabi (ta'abbudi).

Rencananya, kegiatan melihat hilal besok akan di hadiri sejumlah tokoh masyarakat dan perwakilan Ormas islam lainnya.(86)

0 comments:

Post a Comment