SUMUR MINYAK TUA TERBAKAR



Sebuah areal semak belukar di Gresik Jawa Timur terbakar hingga merembet ke sumur minyak peninggalan belanda. Beruntung, api yang berkobar bisa segera di padamkan, hingga tidak merambah ke sumur minyak Petrochina dan pemukiman warga yang ada di sekitarnya.

Asap hitam minggu siang terlihat mengepul di areal semak belukar desa Sekar Kurung Kecamatan Kebomas, Gresik. Bukan hanya semak belukar biasa yang terbakar, melainkan sumur minyak peninggalan belanda yang sudah di tutup selama puluhan tahun, juga ikut terbakar.

2 unit mobil pemadam kebakaran di terjunkan ke lokasi dan api berhasil di kuasai dalam waktu kurang dari 1 jam.

Menurut warga, terbakarnya semak belukar menyebabkan sisa-sisa minyak yang ada di dalam sumur menguap hingga membentuk cairan yang mudah terbakar. “Karena panasnya tanah akibat kebakaran semak belukar menyebabkan cairan mudah terbakar, keluar dari permukaan tanah”. Ujar Muhid, warga setempat.

Kondisi ini menjadi lebih berbahaya mengingat lokasi kebakaran tak jauh dari pemukiman warga serta sumur minyak lengowangi 2 milik j-o-b pertamina petrochina east java yang saat ini masih beroperasi.

Sejauh ini belum di ketahui penyebab terbakarnya semak belukar.

Di lokasi ini, terdapat belasan sumur minyak tua peninggalan belanda, yang sudah di tutup cukup lama. namun, keberadaan sumur-sumur tersebut kerap meresahkan warga karena mudah terbakar.

Agar peristiwa serupa tidak terulang, petugas kepolisian akan memasang papan larangan membakar semak belukar.

0 comments:

Post a Comment