3 PASAR TUMPAH LAMONGAN RAWAN MACET



(Lamongan-86) Sejumlah pasar tumpah di jalur poros Pantura, Lamongan Jawa Timur, beresiko menimbulkan kemacetan saat arus mudik lebaran. Selain diakibatkan meningkatnya aktifitas warga di pasar menjelang lebaran, jumlah kendaraan yang melintas di H-7 juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Suasana kesibukan di pasar kecamatan Babat, Lamongan pada minggu siang (13/09/2009,) cukup semrawut. Arus lalu-lintas di pasar itu semakin padat dan tak jarang mengalami kemacetan beberapa sehari terakhir.

Kepadatan kendaraan yang lewat, maupun peningkatan aktifitas warga menjelang lebaran, menjadi pemicu utama kemacetan.

Pasar Babat adalah satu dari 3 pasar tumpah di Lamongan yang sewaktu-waktu dapat mengancam kelancaran arus mudik dan arus balik lebaran setiap tahun. Selain pasar Babat adalah Pasar Pucuk dan Pasar Sukodadi.

Pasar Babat merupakan pertemuan jalur yang menghubungkan 3 kabupaten sekaligus, yakni Lamongan - Bojonegoro, Lamongan - Jombang dan Bojonegoro - Jombang.

Kondisi jalan di pasar Babat relatif cukup lebar, namun akibat sebagian badan jalan di gunakan untuk lahan parkir, badan jalan kemudian mengalami penyempitan. Kondisi ini diperparah oleh bus antar kota yang kerap parkir di pinggir jalan untuk mencari penumpang.

“H-7 ini arus lalu lintas mengalami peningkatan sekitar 50%”. Ujar Bripka Sumarno, Petugas Pos Lantas Pasar Babat.

Bagi para pemudik yang berasal dari surabaya dan sekitarnya atau sebaliknya, para pemudik dari bojonegoro dan sekitarnya yang akan menggunakan jalur ini dihimbau untuk menghindari jam-jam macet yakni jam tujuh pagi hingga jam sebelas siang.(86)

0 comments:

Post a Comment