BELI TIKET KAPAL KE BAWEAN HARUS TUNJUKKAN KTP



Untuk menghindari percaloan ticket kapal Gresik-Bawean, calon penumpang kapal wajib menunjukkan identitas diri (KTP, SIM dll). Keputusan ini diambil oleh Badan Pembina Transportasi Daerah (BPTD) pada rapat persiapan angkutan lebaran pada Selasa (7/9) di ruang rapat Retno Suwari Kantor Bupati Gresik.

Menanggapi keluhan masyarakat calon penumpang kapal penyeberangan Gresik-Bawean yang mengeluhkan tingginya harga ticket kapal ditangan para calo. BPTD Kabupaten Gresik langsung mengadakan langkah-langkah koordinasi dengan mengadakan rapat yang diikuti oleh Administrasi Pelabuhan, KPLP, Dinas Perhubungan, KP3, para pengusaha kapal dari Ekspres Bahari, Dharma Kartika.

Dalam rapat itu diputuskan bahwa untuk pembelian ticket dan naik ke Kapal harus menggunakan kartu Identitas untuk dicocokkan dengan penumpang Kapal. Menurut Sekretaris BPTD, Drs. Harris Irianto,”penggunaan identitas ini selain merupakan aturan resmi dari Dirjen Perhubungan, juga untuk meminimalisir Calo ticket kapal. Ada 2 kapal laut yang beroperasi melayani rute Gresik – Bawean dan sebaliknya. Kapal tersebut Ekspress bahari dan Dharma Kartika. Mereka selama ini melayani Gresik – Bawean 3(tiga) kali selama seminggu pulang-pergi.

Khusus untuk Kapal Dharma Kartika Mulai H-7, kapal ini akan melayani Gresik Bawean setiap Hari. Sedangkan pada arus balik, kapal Dharma Kartika tetap akan melayani secara reguler, seminggu 3(tiga) kali. Pihak Dharma Kartika menjamin, bahwa sampai saat ini ticket untuk ke Bawean masih tersedia. Kalau di Kapal Ekspress Bahari ada pembatasan barang bawaan dengan maksimal hanya 20 KG/penumpang. Tidak demikian dengan kapal Dharma Kartika. Kapal milik PT Dharma Lautan ini mempersilahkan penumpang membawa bawaan barang lebih. Hal ini karena kapasitas barang di kapal Dharma Kartika sampai 80 ton.

Sementara Administratur Pelabuhan, Ali Ibrahim memperkirakan lonjakan penumpang Gresik-Bawean akan terjadi pada H-5 s/d H-2 sebelum lebaran. Sedangkan lonjakan arus balik akan terjadi pada H+7 s/d H+10. Hal ini berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Menurut Ibrahim, Jumlah penumpang mudik ke Pulau Bawean diperkirakan, 6.772 orang penumpang dan penumpang balik ke Gresik mencapai 5.812 orang penumpang.

Harga ticket kapal penyeberangan Gresik-Bawean sesuai Perbup No.8 tahun 2009 adalah, Ekonomi dewasa Rp. 110.000 ; Pelajar dan Anak-anak Rp. 90.000. Eksekutif Dewasa Rp. 125.000 : eksekutif pelajar dan anak-anak Rp.100.000. Sedangkan untuk VIP dewasa Rp. 150.000 dan VIP pelajar dan anak Rp.120.000. (sdm, Humas Pemkab Gresik)


0 comments:

Post a Comment