BUAH-BUAHAN PEMBUANG JERAWAT


Masyarakat pedalaman punya keyakinan bahwa sejumlah jenis buah-buahan yang mampu mengobati jerawat. Keyakinan tersebut muncul karena terapi menggunakan buah-buahan sangat manjur dan alami tanpa efek samping. Buah-buahan itu antara lain :

1. Tomat
Buah tomat mengandung antara lain vitamin C, vitamin A dan B1, serta mengandung zat-zat seperti protein, kalsium, fosfor, besi, dan belerang.

Terapi : pilih buah tomat yang sudah masak. Kemudian potong dengan rata dan gosok langsung ke wajah berjerawat. Jika Anda tekun, wajah Anda akan kembali berseri-seri, bebas dari jerawat.

2. Temulawak
Komponen utama kandungan zat dalam rimpang temulawak adalah kurkumin dan minyak atsiri. Kurkumin bermanfaat sebagai acnevulgaris, anti-inflamasi (antiradang), dan anti-hepatotoksik. Kandungan kurkumin dalam rimpang temulawak berkisar 1,6 - 2,2 persen, dihitung berdasarkan berat kering. Sedangkan minyak atsiri temulawak mengandung phelandren, kamfer, borneol, xanthorrhizol, dan sineal.

Terapi : ambil 1 jari rimpang temulawak, cuci bersih dan potong-potong. Rebus dengan air bersih sebanyak 4 gelas, lalu biarkan mendidih hingga tinggal separuhnya. Setelah dingin, dapat disaring dan diminum (bisa juga ditambah madu). Minumlah sehari dua kali, dan sekali minum sebanyak satu gelas.

3. Belimbing Wuluh
Daging buahnya banyak mengandung air asam. Warna buah ada yang hijau, ada pula kuning muda atau putih. Belimbing wuluh mengandung kalium oksalat, flavonoid, pektin, tanin, asam galat, dan asam ferulat.

Terapi: ambil 5 buah belimbing wuluh, cuci bersih lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu, remas dengan air garam seperlunya. Gosokkan pada wajah atau bagian kulit lain yang berjerawat. Lakukan tiga kali sehari.

4. Mentimun
Buah mentimun, di samping memang banyak mengandung air, juga mengandung vitamin A, B1 dan C serta beberapa zat, seperti saponin, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, dan belerang.

Terapi: pilih mentimun yang masih muda. Cuci bersih, lalu potong-potong. Perlahan, gosokkan pada wajah yang berjerawat. Biasakan minimal 3 kali sehari.

5. Jeruk Nipis
Buah jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia antara lain limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral, dan asam sitrat.

Terapi : ambil buah jeruk nipis yang telah tua, lalu potong secara rata. Gosokkan pada wajah berjerawat, sekitar 2-3 kali sehari.

0 comments:

Post a Comment