JALUR POROS PANTURA RUSAK, KESELAMATAN PEMUDIK TERANCAM



(Gresik-86) Sejumlah ruas jalan di jalur poros Pantura yang menghubungkan Surabaya - Semarang di kecamatan Duduk Sampeyan, Gresik (16/09/2009,) rusak parah dengan kondisi bergelombang dan berlubang. Ruas jalan yang rusak berada di desa Ambeng-Ambeng, Tebaloan dan desa Gelanggang.

Di desa Gelanggang misalnya, jalan raya sepanjang 150 meter, rusak parah. Bahkan, kendaraan yang melewati jalur ini, harus memperlambat kecepatan kendaraannya, agar tidak menimbulkan kecelakaan.

Menurut warga setempat, sejak mengalami kerusakan dalam setahun terakhir, jalur ini sering menjadi penyebab kecelakaan hingga memakan korban jiwa terutama pengendara sepeda motor. Pasalnya, lubang menganga di tengah jalan, menyebabkan roda depan sepeda motor melaju tanpa kendali. Kondisi seperti ini menjadi lebih berbahaya di malam hari dengan kondisi penerangan jalan yang minim.

“Di sini sering terjadi kecelakaan terutama di malam hari dan di jam-jam sibuk”. Ujar Kholili, salah seorang warga setempat.

Meski menjadi penyebab utama kecelakaan, perbaikan jalan menjelang arus mudik tahun ini oleh Dinas Pekerjaan Umum, tidak menyentuh ruas jalan ini. Bahkan, sebelumnya, proyek perbaikan jalan, hanya bersifat tambal sulam saja.

Sementara itu, 3 ruas jalan di sepanjang jalur poros Pantura kecamatan Duduk Sampeyan, mengalami penyempitan. kondisi ini di perparah dengan banyaknya penyeberang jalan hingga memacetkan arus lalu lintas. Untuk itu, kepolisian setempat telah menempatkan sejumlah personelnya untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas. (86)

0 comments:

Post a Comment