JELANG MUDIK, DISHUB TEMUKAN BUS TAK LAYAK JALAN



Peringatan bagi calon penumpang mudik lebaran. Dinas Perhubungan Lamongan Jawa Timur, menemukan beberapa bus antar kota antar provinsi tidak layak jalan, seperti ban nyaris pecah, baut ban yang tak lengkap dan kaca pecah. Bus-bus tersebut kondisinya memperihatinkan sehingga bisa mengancam keamanan penumpang saat mudik lebaran nanti.

Menjelang arus mudik lebaran, Dinas Perhubungan Dan Angkutan Lalu Lintas Jalan Raya Kabupaten Lamongan, menggelar razia terhadap armada bus Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP), Antar Kota-Antar Provinsi (AKAP) dan mobil penumpang umum lainnya.

dalam operasi yang dilakukan diterminal Lamongan itu, petugas menemukan beberapa bus yang dinilai tidak layak jalan. kondisi ini amat membahayakan bagi penumpang mudik lebaran.

Petugas menemukan kondisi ban yang tidak memenuhi standart operasional seperti ban retak dan kaca depan pecah sehingga menggangu pandangan sopir. Selain itu, petugas juga menemukan kondisi baut ban yang hilang.

Tak hanya itu, lampu bus yang tidak berfungsi serta kondisi lampu pecah yang nyaris pecah, juga di temukan petugas. Bahkan, sejumlah bus tidak menyedikan martil atau palu, yang berfungsi untuk memecah kaca jika terjadi keadaan darurat.

Meski ditemukan banyak bus yang melanggar, namun pada razia kali ini Dishub Lamongan tidak memberikan sangsi, melainkan hanya menghimbau kru bus untuk segera memperbaiki kondisi kendaraannya sebelum atus mudik maupun balik lebaran. “Kita hanya memantau kesiapan angkutan jalan dalam menghadapi arus mudik dan balik lebaran”. Ujar Agus Suyanto, Kadishub Lamongan.

Operasi pada bus antar kota antar provinsi rencananya akan terus di intensifkan menjelang mudik lebaran. Operasi dilakukan agar pada arus mudik lebaran ini bisa menekan angka kecelakaan lalu litas akibat kondisi angkutan yang tidak layak. (86)

0 comments:

Post a Comment