PETUGAS TEMUKAN MAKANAN DENGAN MASA KADALUARSA HARI INI



Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskopindag) Lamongan Hari ini (15/9/2009) gelar operasi gabungan bersama Satreskrim Polres setempat, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan serta Satpol PP. Operasi tersebut dilakukan untuk mengantisipasi beredarnya makanan dan minuman (mamin) kadaluarsa maupun daging gelonggongan.

Pemantauan terhadap daging konsusi dilakukan di Pasar Sidoharjo Kecamatan Lamongan. Sementara pemantauan terhadap mamin dilakukan di sejumlah pertokoan yang menjual parcel dan makanan dalam kemasan di Kota Lamongan.

Dalam operasi gabungan tersebut belum ditemukan daging digelonggong. Namun, petugas menemukan puluhan roti kemasan dengan masa kadaluarsa hari ini di sebuah toko.

Meski begitu, petugas gabungan tak menyita barang tersebut. Namun patugas hanya memperingatkan kepada penjual maupun konsumen untuk tidak menjual dan membeli barang yang telah kadaluarsa.

Kadinaskopindag Lamongan Mursyid ditemui di sela-sela operasi gabungan menyampaikan kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk melakukan perlindungan kepada konsumen sesuai dengan undang-undang perlindungan konsumen.

“Pada para konsumen dihimbau untuk jeli dan teliti melihat masa kadaluarsa. Jangan sampai teledor sedikit, bisa mengakibatkan kesehatan terganggu. Sementara kepada pedagang diminta untuk kembalikan ke distributor mamin yang diketahui telah kadaluarsa. Ini juga dilakukan untuk jaga nama baik took itu sendiri, “ ujarnya.

Kegiatan semacam itu menurut rencana, akan tetap dilakukan dimasa mendatang dan bukan hanya sekali itu saja. (86)

0 comments:

Post a Comment