RESEP ALTERNATIF PENYAKIT KUNING (JAUNDICE)



Penyakit kuning (Jaundice) dapat menyerang semua orang dari berbagai usia. Penderita penyakit kuning bisa di lihat dari warna mata, kulit serta air seninya yang berubah kuning. Gangguan fisik lainnya adalah penderita terlihat lemas dan tidak bertenaga. Di samping penyakit kuning itu sendiri, ada beberapa penyakit yang juga menyebabkan tubuh beberapa bagian tubuh menjadi kuning yaitu hepatitis (radang hati) dan sirosis (pengerasan hati).

Meski tidak tergolong penyakit berbahaya, namun bila kadar bilirubin yang menjadi penyebab utama warna kuning pada tubuhnya terlalu banyak, bisa menyebabkan kerusakan otak khususnya pada Balita.

Berikut ini beberapa resep alternatif untuk mengobati penyakit kuning (Jaundice) :
1. Ambilah beberapa potong bambu kuning. Bisa tangkai atau pohonnya. Di anjurkan, bambu kuning yang masih muda. Lalu rebus dengan air hingga mendidih dan warna airnya menjadi kuning. Minumlah airnya secara rutin. Agar tidak terasa sepah, bisa di campur gula atau madu secukupnya saat mengaduk air hangat bambu kuning di gelas.

2. Mengkonsumsi kacang ijo kuning. Caranya, rebus hingga matang seperti akan membuat kolak kacang ijo. Menu ini di konsumsi secara rutin, hingga ada perkembangan.

3. 3 biji Temulawak di tumbuk hingga halus, lalu direbus hingga airnya mendidih. Hasil rebusannya disaring dan diambil airnya. Sama seperti air bambu kuning, masukkan madu sambil terus diaduk hingga larut.

0 comments:

Post a Comment