RESEP UNTUK PERUT KEMBUNG DARI PEDALAMAN MADURA



Makan singkong, jagung, daging, makanan berserat dan pedas bisa menyebabkan perut kembung. Banyaknya udara dan gas yang tertelan menyebabkan jumlah gas dalam saluran pencernaan meningkat. Meski bukan tergolong penyakit berbahaya, namun perut kembung kerap mengganggu kenyamanan dan terkadang membuat lemas tubuh dan dapat menganggu lambung dan menjadi penyakit maag.

Secara umum, masyarakat menganggap jika terjadi rasa tidak enak di dalam perut adalah penyakit maag. Padahal, bisa saja hanya perut kembung. Langkah yang biasanya dilakukan ialah dengan meminum obat maag yang dijual bebas di pasar.

Ada resep tradisional dari pedalaman pulau Madura untuk mengatasi perut kembung, yaitu :

1. Dengan mengkonsumsi sayur daun kelor secara rutin. Caranya, masak air secukupnya hingga mendidih, lalu masukkan daun kelor. Tambahkan bumbu secukupnya berupa laos dan garam secukupnya. Jika mengkonsumsi sayur daun kelor ini secara rutin, anda akan terhindar dari perut kembung dan penyakit maag. Resep ini cocok untuk segala usia.

2. Saat mengalami perut, ambillah sedikit kapur batu gampin sebesar tablet kecil. Biasanya batu gampin di rendam untuk keperluan bangunan seperti mencat dan lain sebagainya. Kapur batu gampin lalu di bungkus dengan buah asam. Caranya, ambil buah asam yang sudah matang,lalu buanglah bijinya dan di ganti dengan kapur batu gampin. Sekali minum, anda akan terbebas dari perut kembung. Resep ini tidak cocok untuk Balita.

0 comments:

Post a Comment