RIBUAN WARGA MISKIN BERDESAKAN ANTRI ZAKAT



(Gresik-86) Ribuan warga miskin hari ini (19/09/2009) berdesakan saat antri zakat di rumah salah seorang dermawan di Gresik Jawa Timur. Meski hanya mendapat 15 ribu rupiah perorang, namun, warga miskin yang datang, berasal dari luar kota Gresik.

Sejak pagi, sekitar 2 ribu orang warga miskin berdatangan ke rumah H Mustofa, seorang pengusaha tambak ikan, warga Jalan Sindujoyo Gang 14 Kecamatan Kota Gresik, untuk mengambil jatah zakat.

Warga miskin ini juga berasal dari luar kota Gresik seperti Lamongan, Bojonegoro Dan Tuban, dengan melibatkan anak-anak dan manula.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan penyerahan zakat di bagi melalui 4 titik yang masing-masing di perkuat puluhan personel kepolisian.

Dalam pembagian zakat kali ini, H Mustofa membagikan uang sebesar 15 ribu rupiah untuk masing-masing orang.

Meski demikian, saat pembagian zakat, warga sempat berdesakan untuk merangsek keluar dari antrian dan mendapat jatah lebih awal, menimbulkan ketegangan dengan panitia zakat.

Dalam sepuluh tahun terakhir, H Mustofa membagikan zakat secara langsung kepada warga miskin yang datang kerumahnya. Meski tidak di umumkan, namun, warga miskin bisa datang tepat waktu. “Mereka sudah terbiasa datang mengambil zakat setiap tahun tanpa di umumkan”. Ujar H Mustofa.

Di Gresik sendiri, ada 2 orang dermawan yang membagikan zakat secara langsung kepada warga. Namun, sejak munculnya tragedi pembagian zakat di Pasuruan, hanya H Mustofa yang bertahan membagikan zakatnya secara langsung.(86)

0 comments:

Post a Comment