TERAPI ALAMI UNTUK PENDERITA DARAH TINGGI (HIPERTENSI)



Hipertensi merupakan kelainan organ yang sulit diketahui oleh tubuh kita sendiri.
Satu-satunya cara untuk mengetahui hipertensi adalah dengan mengukur tekanan darah kita secara teratur. Diketahui 9 dari 10 orang yang menderita hipertensi tidak dapat diidentifikasi penyebab penyakitnya. Hipertensi sebenarnya juga dapat diturunkan dari orang tua kepada anaknya.

Keluhan yang mungkin timbul akibat hipertensi antara lain yaitu nyeri di daerah kepala bagian belakang, mimisan, penglihatan yang kabur, kelemahan pada otot, mual, muntah, dan sebagainya.

Hipertensi dapat berkembang menjadi masalah kesehatan yang lebih serius dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Seringkali hipertensi disebut sebagai silent killer karena 2 hal, yaitu:

• Hipertensi sulit disadari oleh seseorang karena hipertensi tidak memiliki gejala
khusus. Gejala ringan seperti pusing, gelisah, mimisan, dan sakit kepala biasanya jarang berhubungan langsung dengan hipertensi. Hipertensi dapat diketahui dengan mengukur tekanan darah secara teratur.

• Penderita hipertensi, apabila tidak ditangani dengan baik, akan mempunyai risiko besar untuk meninggal karena komplikasi kardiovaskular seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, dan gagal ginjal.

Pengobatan terhadap penderita hipertensi dapat dilakukan sebagai berikut:

1• Pengobatan tanpa obat, antara lain dengan diet rendah garam, kolesterol, dan lemak jenuh; peredaan stres emosional; berhenti merokok dan alkohol; serta latihan fisik secara teratur.

2• Pengobatan dengan menggunakan obat antihipertensi. Terdapat banyak jenis obat antihipertensi yang beredar saat ini. Untuk pemilihan obat antihipertensi yang tepat, sebaiknya langsung menghubungi dokter.

Resep Alternatif 1
Minum juice buah kemang sehari 1 kali

Resep Alternatif 2

Bahan: Madu 300 cc, daun pegagan segar 50 gram (4 genggam), kunyit segar 3 ibu jari, dan air 500 cc. Madu yang digunakan sebaiknya madu lanceng, madu belimbing, madu pahitan, atau madu mahoni.

Cara membuat: Kunyit dan daun pegagan dipotong tipis, kemudian direbus dalam air 500 cc sampai volumenya menjadi 150 cc. Setelah itu, disaring dan diambil airnya. Setelah hangat (60 o C), masukkan madu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
Cara memakai: Ramuan ini diminum 3 kali 1 sendok makan per hari hingga tekanan darah normal.

Sumber : www.propolisdiamond.com

0 comments:

Post a Comment