26 KADES IKUTI ORIENTASI



Sebanyak 26 Kades dari 17 kecamatan hasil pemilihan Kades atau Pilkades akhir 2008 dan awal 2009 lalu, Selasa (6/10) mengikuti orientasi yang digelar Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Kabupaten Lamongan di aula pertemuan sebuah hotel setempat. Kegiatan itu sendiri dibuka Asisten Tata Praja Agus Sugiarto.

Sampai dengan 8 Oktober mendatang, 26 Kades tersebut akan menerima 18 materi dari berbagai nara sumber. Termasuk materi ladies program yang diperuntukkan isteri Kades. Diantara materi yang akan mereka terima adalah pembinaan dan ketertiban masyarakat dari Polres Lamongan, penegakan peraturan daerah dari Satpol PP, Penegakan Hukum oleh Kejaksaan Negeri dan pengetahuan pertanahan dari Badan Pertanahan setempat.

Kabag Pemdes Bambang Purnomo dalam laporannya sampaikan, selain untuk memeberi wawasan pada Kades baru terkait tugas dan kewenangannya, orientasi tersebut juga bertujuan mendorong pemanfaatan potensi desanya masing-masing sehingga akan meningkatkan pendapatan asli desa. “Dalam orientasi ini juga akan diberikan bekal pengetahuan pada isteri Kades berkaitan dnegan kedudukannya sebagai Ketua PKK di desa, “ terang dia.

Sementara Agus Sugiarto ungkapkan dari 462 desa yang ada di Lamongan, tinggal tujuh desa yang belum melaksanakan Pilkades, atau 455 desa sudah lakukan Pilkades. Sedangkan dari 455 desa itu, 426 Kades diantaranya sudah menerima pembekalan orientasi.

Dikatakan Agus, orientasi yang dilaksanakan itu sebagai bagian dari fasilitas yang diberikan untuk meningkatkan kinerja aparatur pemerintahan desa. “Dengan kegiatan ini diharapkan akan ada peningkatan kinerja Kades dalam rangka memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat. Sehingga peserta dapat menyerap setiap materi yang disampaikan nara sumber, “ ujarnya. (arf, Humas Pemkab Lamongan)

0 comments:

Post a Comment