AKSI SIMPATIK CAK YUK, SAMBUT HARI OZON SE-DUNIA



Fashion show di lampu merah sambil membagikan bunga kepada pengguna jalan saat panas terik matahari. Hal inilah yang dilakukan oleh sekelompok muda-mudi yang tergabung dalam paguyuban Cak Yuk Gresik pada Minggu (11/10/2009). Mereka bersama siswa-siswi SMP Negeri 2 Kebomas Gresik dan SMA YWSG Semen Gresik tengah memperingati Hari Ozon Sedunia dan Hari Habitat Nasional.

Selain melenggak-lenggok dengan mengenakan busana batik, mereka juga membagikan sekuntum bunga kertas dan stiker pada pengendara saat berhenti di lampu merah. Mereka memilih perempatan Ponpen di lajur jalan masuk menuju Gresik. Menurut Feni Hidayati Yuk Gresik 2009, dipilihnya jalur itu untuk memberi himbauan kepada pengendara yang masuk ke Wilayah Gresik agar menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Ketua bidang Pelestarian Lingkungan Hidup Paguyuban Cak Yuk Gresik, Bastian Rahmadani Putra mengatakan, Tak hanya bidang Pariwisata dan kebudayaan, Kami Cak Yuk Gresik sebagai bagian dari kelompok Pemuda Gresik juga siap menjadi garda terdepan dalam pelestarian lingkungan di Gresik, bukan hanya saat menjelang Hari Ozon se_Dunia melainkan terus berkelanjutan. Makanya Kami membawa adik-adik kelas kami untuk mengadakan aksi ini. Kami juga telah menyusun beberapa kegiatan lain terkait pelestarian lingkungan ini” ujar Finalis Cak Gresik 2009 yang juga alumnus SMP Negeri 2 Kebomas.

Terkait pakaian Batik yang dikenakan Para Cak Yuk ini, Feni mengatakan, “Kami Cinta Batik Indonesia, kami bangga akan keindahan batik produksi Indonesia. Apalagi baru-baru ini Unesco telah menetapkan bahwa Batik adalah kebudayaan asli milik Indonesia”ujarnya berbinar.

Pembina Lingkungan Hidup SMP Negeri 2 Kebomas yang turut dalam aksi ini mengatakan, Sebagai Sekolah Adiwiyata kami merasa perlu menularkan upaya kami selama ini dalam melestarikan lingkungan. Motivasi ini tidak hanya kami berikan kepada siswa didik, tapi juga kepada alumni dan masyarakat. Kebetulan aksi ini dilakukan pada hari Habitat Nasional pada 5 Oktober dan Hari Ozon sedunia pada 16 September .

Ditambahkan Ramelan yang juga guru mapel sejarah, Di SMP Negeri 2 Kebomas kami punya program 3R yaitu recycle, reduce, reuse yang artinya mendaur ulang, mengurangi dan menggunakan kembali. Hal itu telah kami wujudkan dengan membuat rangkaian bunga dari daur ulang sampah, contoh kecilnya seperti yang telah kami bagikan kepada para pengendara itu tadi. Ujarnya kalem.(sdm)

0 comments:

Post a Comment