ATRAKSI PECAHKAN 9 BALOK ES DI HUT TNI KE 64



Upacara HUT TNI ke 64 di alun-alun Kota Gresik diwarnai dengan peragaan pecah es oleh Anggota Kodim 0817 Gresik, Senin (5/10). Tentu bukan atraksi yang mudah bagi Kopral Andreas (45) anggota Kodim 0817 untuk memecah tumpukan es yang disusun sedemikian rupa.

Setidaknya ada 9 batang balok es batu yang masing-masing berdiameter 30 cm, disusun keatas. Beberapa anggota TNI yang lain bersiap diri disisi kiri dan kanan sambil menahan es batu tersebut agar tidak terpental jauh.

Setelah merapal doa-doa yang diyakini, serta hitungan komando dari Kapten Infantri Prasetyo, seketika sang Kopral memukul batang es batu dari susunan yang paling atas. Seketika 9 batang es batu yang tersusun tersebut terbelah dan berkeping. Keadaan inilah yang banyak membuat decak kagum para Undangan yang terdiri dari Wabup Gresik, Muspida dan Pejabat Pemkab Gresik.

Tak hanya memecah es batu, Kopral Kopral Andreas dan kawan-kawan juga mendemontrasikan kemahirannya dengan memecah batu dari beton cor. Sukses dengan memecah batu, lalu Andreas dan kawan-kawan melakukan atraksi memukul besi cor. Besi cor yang biasanya dipakai untuk gagang pompa air merk“dragon” ini pecah berkeping-keping dengan hanya sekali pukul.

Selain unjuk kekuatan, Anggota Kodim 0817 juga memperagakan ilmu meringankan tubuh. Atraksi ini dibuktikan dengan memperagakan full up yang hanya bergantung pada sebatang lampu neon. Tak hanya menggantung dan diam, bahkan mereka sempat memperagakan tendangan salah satu jurus pencak silat sambil menggantung di lampu tersebut.

Menurut Komandan Kodim 0817 Gresik, Letkol Infantrie Suharianto, S.Sos yang juga selaku Inspektur Upacara, Upacara HUT TNI yang berlangsung dialun-alun Kota Gresik merupakan upacara khusus diluar lokasi yang telah ditetapkan.

Di Jawa Timur Peringatan HUT TNI dilaksanakan di 3 tempat yaitu di Surabaya, Malang dan Madiun. “Di Gresik ini khas, karena banyak Program Pemerintah Daerah yang dikerjasamakan dan laksanakan oleh TNI misalnya Pemugaran Rumah tidak Layah Huni (RTLH), Keluarga Berencana (KB), Kerja Bakti dan beberapa kerja bakti lain.


Kami juga ingin menunjukan betapa solidnya TNI yang mampu bekerjasama antar sesame TNI dan Polri dan masyarakat. Upacara ini sendiri selain diikuti oleh anggota TNI anggota Kodim 0817 sebanyak 3 SSK, juga diikuti oleh TNI AL, AU dan Polri, Kesbanglinmas, Adpel, PNS, Pemuda Panca Marga, FKPPI, Pramuka Saka Wira Kartika. (sdm, Humas Pemkab Gresik)

0 comments:

Post a Comment