HARI SUMPAH PEMUDA, SISWA SD IKRAR ANTI NARKOBA



(Gresik-86) Suasana meriah tampak di halaman Sekolah Dasar Muhammadiyah di komplek perumahan gresik kota baru kecamatan manyar. Pasalnya, hampir 500 siswa dan siswi sekolah ini tengah memperingati hari Sumpah Pemuda berikrar menjauhkan diri dari narkotika dan obat-obatan terlarang.

Puluhan poster dan spanduk berisi ajakan menjauhkan diri dari Narkoba, di gelar para siswa sambil bernyanyi, berorasi, membaca puisi serta meneriakkan yel-yel anti Narkoba.

Sebagai kegiatan inti, para siswa kemudian berikrar bersama-sama untuk menjauhkan diri dari Narkoba selama-lamanya.

Dalam peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini, siswa siswi SD Muhammadiyah manyar, sengaja menfokuskan diri pada perang terhadap Narkoba, karena Narkoba menjadi penjajah baru negeri ini dengan banyaknya generasi muda yang terjerumus hingga menjadi pecandu Narkoba. “Makna ikrar anti Narkoba hari ini adalah menghayati perjuangan pemuda terdahulu yang melawan penjajah dengan berjuang melawan Narkoba di masa sekarang”. Ujar Maulidia Rahma, salah seorang siswi.

Menurut Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Manyar, M Fadholi Aziz, pihak sekolah sengaja mengadakan kegiatan ini untuk mengajarkan siswa akan bahaya Narkoba.”Penghayatan mendalam makna Sumpah Pemuda dengan ikrar anti narkoba di harapkan menjiwai semangat hari Sumpah Pemuda”. Ujar Aziz berharap.

Di samping berikrar anti Narkoba, sejumlah siswa kemudian mengajak warga sekitar untuk juga berikrar menjauhkan diri dari Narkoba, sambil memasang pin dan sejumlah sticker di perumahan dan warung milik warga sekitar.

Bagi para siswa, menjauhkan diri dari Narkoba bukanlah sekedar berikrar belaka, melainkan lebih dari itu adalah wujud penghayatan lebih dalam terhadap makna hari Sumpah Pemuda. (86)

0 comments:

Post a Comment