LAMONGAN BUKA LOWONGAN 436 CPNS UMUM 2009



Tahun 2009 ini Pemkab Lamongan kembali membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari jalur umum sejumlah 436 formasi. Dengan Ijazah setidaknya kualifikasi D2 dan tidak membuka kualifikasi ijazah SMA sederajat. Sejumlah formasi tersebut didominasi tenaga teknis sebanyak 153 formasi yang diantaranya untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli di Rumas Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngimbang.

Kepastian perekrutan CPNS dari jalur umum itu disampaikan Sekkab Lamongan Fadeli yang juga Ketua Panitia Pengadaan CPNS 2009 dalam jumpa pers di ruang kerjanya, Jum’at (23/10). Dia didampingi Kabag Humas dan Infokom Aris Wibawa bersama Kepala Bidang Informasi Dan Pengadaan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Turdji.

Disampaikan oleh Fadeli, pengumuman pembukaan secara rinci akan bisa dilihat melalui papan pengumuman yang dipasang di BKD, Kantor Pos seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta Kantor Kecamatan se-Lamongan. “Pengumuman tersebut akan mencakup lowongan jabatan, kode jabatan dan kualifikasi pendidikan serta tata cara pendaftaran beserta ketentuan lainnya secara rinci, “ tutur dia.

Seperti halnya tahun lalu, pengajuan lamaran dilakukan melalui Kantor Pos di wilayah Kabupaten Lamongan dan penerimaan CPNS tahun ini juga tidak membatasi peserta hanya dari Lamongan saja. “Ketentuan ini juga berlaku di seluruh Jawa Timur. Seperti syarat foto copy KTP tidak membatasi KTP wilayah Lamongan saja. Untuk pemilik KTP luar wilayah Lamongan juga diperbolehkan. Selama pengajuannya melalui Kantor Pos yang ada di wilayah Lamongan, “ terang dia.

Dilanjutkannya untuk pelamar dengan usia 18 hingga 35 tahun lampiran berkas yang harus ada dalam lamarannya adalah surat permohonan kepada Bupati Lamongan, foto copy ijazah dan transkrip yang dilegalisir dan foto hitam putih dan foto copy KTP. Sementara khusus bagi pelamar dengan usia 35 hingga 40 tahun, imbuh Fadeli, harus melampirkan surat pengalaman kerja yang menunjang kepentingan nasional sebagaimana diatur dalam peraturan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) nomor 30 tahun 2007.

Secara rinci Fadeli ungkapkan untuk tenaga guru dibuka 142 formasi. Diantaranya untuk Guru TK sebanyak 2 formasi, Guru SD 102 formasi, Guru SMP 13 formasi dan Guru SMA 6 formasi serta Guru SMK sebanyak 19 formasi. Kemudian dari lowongan 153 tenaga kesehatan, 6 formasi diantaranya untuk Dokter Umum, 6 formasi Dokter Gigi, 4 formasi Apoteker, bidan 8 formasi dan terbanyak sebanyak 75 fomasi perawat. Selanjutnya Tenaga Teknis dibuka 141 formasi yang diantaranya 17 formasi Ekonomi Akuntansi, 13 formasi Ekonomi Manajemen dan lainnya Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Hukum, Teknis Industri dan Teknik Sipil serta Arsitek.

Seperti halnya yang berlaku di seluruh Jatim, tes akan dilakukan pada 21 November, pengumuman hasilnya pada 28 November dan mulai bekerja bagi yang diterima pada 1 Januari 2010. Jumlah formasi dari jalur umum yang dibuka tahun ini berarti naik dari formasi jalur umum tahun lalu yang sebanyak 356 formasi. Dengan rincian 252 Tenaga Kependidikan, 62 Tenaga Kesehatan dan 42 Tenaga Teknis.

Fadeli diakhir jumpa persnya meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya jika ada yang berani menjamin bisa masuk PNS dengan membayar sejumlah uang. “Seleksi CPNS ini dipastikan dilakukan secara fair dan transparan. Masyarakat jangan tergoda dengan berbagai tawaran yang tidak jelas, yang mengatasnamakan sejumlah nama pejabat. Karena itu pasti tidak benar, “ tegas dia.

0 comments:

Post a Comment