LANGKAH AMAN MEMBLOKIR SITUS



Sebenarnya, fasilitas memblokir situs ada pada masing-masing browser di Menu Tools - Options. Namun, cara ini kurang aman karena gampang sekali di buka. Apalagi, tujuan memblokir agar anak atau murid tidak membuka situs dengan kontent berbahaya. Selain itu, saat ini ada 5 Browser terkenal yang umum di gunakan. Maka ke 5 Browser tersebut harus di set semua hingga memerlukan waktu cukup lama.

Ada langkah instant dalam memblokir situs menggunakan Windows yang lumayan sulit di buka kembali oleh orang yang tidak membaca artikel ini.

1. Pada Internet Explorer, masuk ke C:\Windows\system32\driversetc
2. Cari sebuah file bernama "host" tanpa ekstensi
3. bukalah file tersebut menggunakan Notepad
4. Cari baris yang ada tulisan "127.0.0.1 localhost
5. Tambahkan baris baru di bawahnya dengan isi "127.0.0.1 http://www.namasitus.com/localhost"
6. Nama situs yang anda masukkan, tidak akan bisa di buka.

127.0.0.1 adalah IP Address sistem lokal komputer. Saat browser akan memasuki sebuah situs, ia akan mengecek file host local terlebih dahulu sebelum masuk ke DNS sebuah situs agar tidak mengunjungi dirinya sendiri. Jika IP Address lokal host tersebut kita tambahkab alamat sebuah situs, maka browser akan menganggap situs tersebut adalah alamat dirinya sendiri sehingga tidak akan bisa di buka. Anda bisa menambah sebanyak mungkin baris baru untuk memperbanyak situs yang akan di blokir.

0 comments:

Post a Comment