NASIB BERITA LOKAL DI DUNIA MAYA



Memposting berita lokal di ke dunia maya ternyata kurang mendapat sambutan pengunjung. Terbukti artikel berita local di beberapa web/blog, sepi peminat dan jarang di baca orang. Di berita 86 ini misalnya, tulisan yang banyak mengundang pengunjung hanyalah tulisan tentang Tips Komputer dan Kesehatan. Sedangkan informasi peristiwa umum semisal unjuk rasa, kebakaran serta kriminal, jarang mendatangkan pengunjung. Lihat halaman popular di bagian bawah situs ini.

Kondisi serupa juga di alami hampir semua situs informasi lokal, yang sepi pengunjung. Padahal, jumlah posting tulisan sudah mencapai lebih dari 500 artikel, yang 85% di antaranya adalah berita lokal.

Agar mendapat banyak pengunjung, sejumlah web/blog lokal menjaring sebuah komunitas untuk menciptakan “ketergantungan” pada web/blognya. Triks ini ternyata mampu meningkatkan jumlah pengunjung. Misalnya, ada web/blog yang menjaring komunitas pelajar, masyarakat di sebuah pulau, serta penghoby barang-barang tertentu. Lihat saja pengunjung www.bawean.net dan www.bawean.info yang menggaet masyarakat pulau Bawean baik yang berada di pulau Bawean maupun yang di perantauan. Dengan cara ini, pengunjung kedua situs tersewbut, bisa mencapai angka 600 orang sehari dengan ranking Alexa di bawah 1 juta.

Cara lain adalah dengan memposting artikel-artikel non berita yang bersifat pengalaman pribadi, tutorial, sharing pengetahuan serta memberi sebuah layanan forum bertukar pikiran.

Hingga saat ini, belum ada survey mengenai kecenderungan pemakai internet terutama pada ketertarikannya terhadap berita lokal. Padahal ini sangat penting untuk mengetahui kelemahan dalam sajian berita lokal.

0 comments:

Post a Comment