KHASIAT PETAI DAN LAMTOROGUNG



Menurut survei yang dilakukan oleh National Association for Mental Health (MIND), sebuah LSM Peduli penyakit kejiawaan asal Inggria menyatakan, diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete (Petai). Hal ini terjadi karena pete mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

Petai adalah sejenis perdu dari suku Fabaceae (=Leguminosae, polong-polongan), yang kerap digunakan dalam penghijauan lahan atau pencegahan erosi. Berasal dari Amerika tropis, tumbuhan ini sudah ratusan tahun dimasukkan ke Jawa untuk kepentingan pertanian dan kehutanan, dan kemudian menyebar pula ke pulau-pulau yang lain di Indonesia. Oleh sebab itu agaknya, maka tanaman ini di Malaysia dinamai petai jawa (http://id.wikipedia.org/wiki/Lamtoro).

Sebenarnya, kandungan kalsium, zat besi, Vitamin B serta serat dalam Petai dan Lamtorogung, tidak jauh berbeda. Yang membedakan keduanya hanyalah ukurannya saja.

Cara Mengkounsumsi Petai.

1. Petai bisa langsung di konsumsi meski dalam kondisi mentah. Di daerah pedalaman pulau Madura, Petai biasanya langsung di makan mentah dengan bumbu sambal terasi. Meski ramuan makanan seperti ini menimbulkan bau tidak sedap, namun, hasil yang di peroleh terutama untuk pengobatan lambung akan lebih berhasil. Sementara, Khusus untuk daun Lamtorogung, perlu di masak terlebih dahulu sebelum di konsumsi.

2.Karena baunya yang kurang enak di penciuman, di perlukan sedikit tips agar bau Petai/Lamtorogung tidak membuat alergi teman bergaul. Di pedalaman Madura dan Petai maupun Lamtorogung di rebus dengan bahan sayur mayor lainnya seperti daun Pepaya, singkong dan lain sebagainya. Dengan pencampuran tersebut, bau tak sedapnya bisa hilang. Cara konsumsi yang paling banyak di sukai orang dengan di masak rebus adalah masakan urap-urap dengan bahan utama Buah Petai/Lamtorogung atau daun Lamtorogung yang di campur bahan sayur mayur lainnya.Jika rutin mengkonsumsi Petai/Lamtorogung, insyaallah beberapa penyakit seperti Anemia, Tekanan darah tinggi, Sembelit, Kegemukan dan lain-lain bisa di sembuhkan.

0 comments:

Post a Comment