KONTROVERSI FILM 2012, SIAPA YANG UNTUNG ?



Setelah film Harry Potter, Dunia saat ini kembali tersihir oleh launching film '2012' tanggal 13 Nopember kemarin. Antrean panjang pun terjadi di bioskop-bioskop yang memutar film tentang kiamat atau akhir dari kehidupan dunia ini

Film itu dibintangi John Cusack, Thandie Newton, Woody Harrelson, Amanda Peet dan Danny Glover dengan sutradara Roland Emmerich.

Film ‘2012′ hasil produksi Collumbia Pictures itu menampilkan bencana alam dahsyat yang menjadi ramalan suku 'Maya' dan akan melanda seluruh permukaan Bumi pada 2012. Mulai letusan gunung berapi, badai hingga mencairnya gunung es. Film kontroversial tersebut sudah ditayangkan di berbagai bioskop di seluruh dunia termasuk di situs berbagi video, youtube. Trailer videonya pun sudah dilihat oleh jutaan orang, yakni mengisahkan seorang Bhiksu yang tertegun melihat gunung es mencair dan membanjiri seluruh permukaan daratan hingga menjadi lautan dan menenggelamkan segalanya, seperti berikut ini :



Di Amerika (http://waspada.co.id), film berdurasi 158 menit ini mampu meraih keuntungan US$65 juta selama 3 hari penayangannya di seluruh biokop di Amerika Serikat. Pencapaian yang menghantarkan 2012 sebagai jawara box office, mengungguli 9 film lainnya, Disney's A Christmas Carol ( US$22.3 juta), The Men Who Stare at Goats US$6.2 juta, Precious: Based on the Novel Push by Sapphire US$6.1 juta, Michael Jackson's This Is ItUS $5.1 juta, The Fourth Kind US$4.7 juta, Couples Retreat US$4.3 juta, Paranormal Activity US$4.2 juta, Law Abiding Citizen US$3.9 juta dan The BoxUS$3.2 juta.

Film ini juga laris di 105 negara dunia. Prancis berhasil mengumpulkan US$17.2, Rusia meraup US$15.3 juta, Jerman US$12.4 juta, Cina dengan US$12.3 juta, dan Inggris dengan U$10.8 juta. Jika diakumulasikan dengan negara lainnya, total uang yang terkumpul dari tiga hari penayangannya di seluruh dunia itu sudah mencapai US$225 juta.

Pencapaian itu masih dibawah Harry Potter and the Half-Blood Prince (US$236 juta) dan Spider-Man 3 (US$231 juta). Namun, sepertinya 2012 akan mampu melewati dua film hebat di eranya itu.

Sementara di Indonesia (okezone), film ini berhasil mengalahkan jumlah penonton Spiderman 3 yang katanya mencapai 500 ribu penonton. Jika satu penonton membeli tiket Rp15.000, dipastikan penjualan tiket mencapai Rp7,5 miliar. Itu baru perhitungan minimal. Belum lagi jika tiket seharga Rp25 ribu untuk pemutaran di akhir pekan. Lalu siapa yang di untungkan ?

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, film tersebut mengundang reaksi terutama dari tokoh muslim. Menurut mereka, dalam ajaran Islam, tidak ada yang bisa memprediksi datangnya hari kiamat. Tidak seperti yang diramalkan akan datang tahun 2012. Karena hal itu menjadi rahasia Tuhan. Agar tidak kontroversial, sejumlah tokoh berharap agar film tersebut tidak di kaitkan dengan agama malainkan sebagai hiburan dan bersifat fiksi belaka.

0 comments:

Post a Comment