PETUGAS TEMUKAN KAMBING/SAPI TAK LAYAK QURBAN



(Gresik-86) Adalah kebiasaan setiap menjelang datangnya hari raya Idul Adha, ratusan penjual hewan qurban membanjiri kota Gresik Jawa Timur dengan menyediakan kambing, sapi dan kerbau untuk di jual sebagai hewan qurban. Sebagian pedagang ini, bahkan berasal dari sejumlah kota di sekitar Gresik.

Meski harga hewan qurban saat ini mengalami kenaikan sekitar 30 hingga 40 persen, namun, kondisi cukup menguntungkan ini tidak di imbangi pelayanan pedagang dengan masih di temukannya beberapa kekurangan yang menjadi syarat seekor hewan layak menjadi hewan qurban.

Dalam pemeriksaan hewan qurban di sejumlah lokasi di kota Gresik siang ini, petugas dari dinas kelautan, perikanan dan peternakan setempat menemukan sejumlah hewan yang belum memenuhi syarat menjadi hewan qurban, antara kain karena cacat dan belum cukup umur.

Untuk kambing misalnya, harus berumur 1 tahun lebih sementara untuk sapi harus berumur 2 tahun lebih yang masing-masing di tandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap. “Kalau untuk shadaqah masih sah. Tapi untuk Qurban tidak sah karena tidak memenuhi syarat”. Ujar Devi Kartikasari, salah seorang petugas.

Petugas berharap, masyarakat berhati-hati dalam memilih hewan qurban, agar ibadah qurbannya tidak sia-sia. (86)

0 comments:

Post a Comment