TANGGUL WADUK RETAK, WARGA RESAH



(Lamongan-86) Warga Desa Mojo Manis Kecamatan Kembangbahu Lamongan Jawa Timur, merasa resah setelah tanggul waduk terbesar di desa setempat mengalami kerusakan. Waduk yang di gunakan warga dua desa tersebut, retak di bagian tanggul dengan kedalaman mencapai rata-rata 1 hingga 1,5 meter.

Tanggul waduk Mojo Manis di Desa Mojo Manis Kecamatan Kembangbahu Lamongan, mengalami kerusakan seperti retak, ambles. Bahkan, kedalaman lubang retak di tanggul sebagian besar tanggul mencapai 1 hingga 1 setengah meter di sepanjang tanggul.

Waduk dengan daya tampung 285 meter kubik air itu, mengalami kerusakan sejak beberapa bulan lalu. Kondisi ini membuat warga desa setempat resah karena khawatir tanggul waduk jebol saat hujan turun nantinya.

Di samping dekat perumahan warga, jebolnya tanggul nantinya bisa merusak areal persawahan yang ada disekitarnya. “Kami selalu di hantui musibah jebolnya tanggul, terutama saat ini akan memasuki musim hujan”. Ujar Jumino, warga setempat.

Menurut warga, saat musim penghujan tahun lalu, ketinggian air yang mencapai bibir tanggul menyebabkan rembesan air yang mengalir ke persawahan milik warga.

Warga berharap pemerintah setempat segera memperbaiki tanggul agar musibah jebolnya tanggul tidak terjadi. (86)

0 comments:

Post a Comment