CAPTURE VIDEO HANDYCAM SONY DENGAN KABEL USB



Biasanya, capture video dari handycam, menggunakan sebuah kartu bernama interface FireWare yang berfungsi menghubungkan komputer dengan handycam melalui slot DV Handycam. Namun, ada cara lain untuk mengcapture gambar video dari handycam Sony ke komputer melalui kabel USB dengan catatan pada handycam Sony baik yang tipe PAL, NTSC maupun Hi-8 terdapat slot kabel USB.

Hal lain yang perlu di siapkan adalah sistem operasi komputer minimal adalah Windows XP, terutama Windows XP Second Edition. Sebab, Windows Movie Maker yang ada dalam paket windows XP Second Edition lebih fleksibel dengan tambahan menu yang lebih variatif di banding Windows XP Profesional.

Berikut ini langkah-langkah mengcapture video menggunakan kabel USB :
1. Download driver kabel USB handycam Sony di sini. Driver ini, cocok untuk semua tipe handycam Sony baik dengan media penyimpanan Mini-DV, maupun NTSC serta tipe handycam Hi-8. Pada beberapa merek handycam, seperti Samsung, Canon dan Panasonic, driver ini juga support. Anda bisa mencobanya sendiri.
2. Install driver tersebut di komputer
3. Hubungkan handycam ke komputer melalui kabel USB
4. Nyalakan Handycam. Selanjutnya, komputer akan meminta kita menginstall drivernya. Lakukan penginstallan melalui menu INSTALL AUTOMATICALLY.
5. Aktifkan program Windows Movie Maker.
6. Pada jendela program Windows Movie Maker, pilih menu Capture From Video Device. Lalu pilih video devicenya kita pilih Sony Digital Imaging Video dengan menekan tombol NEXT.
7. Ketik nama file dan pilih lokasi penyimpanan.
8. Tentukan jenis kualitas gambar mulai 218 kbps hingga 2,1 mbps. Atau gunakan pilihan Best Quality For PlayBack ON My Computer, jika kurang jelas maksudnya.
9. Play video di handycam
10. Mulai proses Capture dengan menekan tombol Start Capture. Klik tombol Stop Capture untuk menghentikan perekaman.
11. Video hasil capture dari proses ini akan berekstensi *.wmv yang kepanjangannya adalah Windows Movie Video.

1 comment:

  1. punya saya tipe sony dcr-dvd710 apakah bisa ya?

    ReplyDelete