PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DENGAN KANTIN KEJUJURAN



(Gresik-86) Kejujuran merupakan modal utama bagi setiap orang dalam menjalankan aktifitas kesehariannya guna meraih kesuksesan. Jika para pejabat bekerja dengan jujur, maka bangsa indonesia di pastikan bisa mencapai kemakmuran.

Itulah sebabnya, Sekolah Dasar Petrokimia Gresik di Jalan Ahmad Yani kompleks perushaan PT Petrokmia, sengaja melatih mental dan sikap jujur para siswanya dengan membuka kantin kejujuran.

Dalam kantin tersebut, para siswa diberi kebebasan berbelanja aneka jajanan sesuai selera mereka, tanpa harus di awasi oleh pengelola kantin atau gurunya. Bahkan tak hanya saat belanja saja, saat membayar-pun para siswa di persilahkan meletakkan uang atau mengambil kembaliannya sendiri tanpa di layani atau di awasi oleh siapapun.

Sehingga tak heran, bukan karena ingin berlaku tidak jujur, karena usianya masih kecil tidak sedikit dari para siswa ini yang tampak kesulitan dan bingung menghitung berapa uang yang harus di bayar dan berapa sisa kembalian yang boleh diambil. meski demikian, para siswa mengaku senang dengan pembukaan kantin ini. "Saya senang karena bisa ambil sendiir dengan bebas". Kata Wafik Wildan, salah seorang siswa.

Selain untuk menguji dan melatih kejujuran para siswa, kantin kejujuran juga di gelar sebagai media praktek siswa dalam memberantas korupsi. pasalnya, para siswanya betul-betul terlatih sikapnya untuk selalu bertindak jujur, terutama jujur pada diri. (86)

0 comments:

Post a Comment