MENIKMATI SEGARNYA ES DAWET BATIL



Batil adalah salah jenis makanan tradisional khas Lamongan Jawa Timur, yang biasanya di hidangkan dalam acara-acara resmi. Namun, salah seorang warga setempat, menjadikannya sebagai bahan utama dalam es dawet sajiannya. Hasilnya, tiap hari warung es Dawet Batil tersebut, tak pernah sepi dari pembeli.

Tidak mudah menjumpai jenis makanan tradisional bernama Batil di Lamongan. Meski di kenal sebagai makanan khas, Batil yang bentuknya mirip Wajik ini hanya bisa di jumpai di desa Bulu Brangsi kecamatan Laren. Saat ini, makanan yang terbuat dari beras di campur tape beras dan parutan Kelapa yang memiliki rasa manis bercampur asam ini, mulai populer dalam sajian es Dawet Batil.

Es Dawet Batil sendiri tidak akan dijumpai di tempat lain. Satu-satunya warung yang menjualnya adalah warung ibu Ifah yang terletak di jalan raya desa setempat. Sejak membuka usaha tahun 1997 lalu, warung ibu Ifah tak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan, para pelanggannya pun ada yang berasal dari luar kota Lamongan seperti gresik dan tuban.

Selain Batil, bahan lain es dawet ini adalah Kacang Hijau, Agar-Agar, Santan dan juga buah Siwalan, buah segar yang banyak dijumpai di pesisir pantai utara Lamongan. Dengan ditambah gula aren dan es batu, membuat es Dawet Batil terasa lebih segar. “ Saya selalu ketagihan rasa segarnya”. Ujar Khoirul Huda, salah seorang pelanggannya.

Untuk menikmati es Dawet Batil ini tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Satu porsi hanya berharga 2.500 rupiah. Karena harganya yang cukup murah, rata-rata para pembeli selalu membungkusnya untuk dibawa pulang, sebagai oleh-oleh buat keluarga.

Menurut ibu Ifah, ide awal menjual es Batil ini, bermula saat dirinya menjual es dawet biasa. Karena dawetnya kurang di minati, ibu Ifah mencoba menambah campurannya dengan dengan Batil. Hasilnya, pelanggannya pun semakin bertambah.

”Awalnya sekedar coba-coba. Tapi koq bias menjadi lahan bisnis menjanjikan”. Ujar ibu Ifah.

Warung ini sudah menyediakan es Batil sejak pagi hingga sore hari. Lokasinya yang strategis di bawah rimbunya pohon bambu, membuat warung bu Ifah selalu menjadi tujuan para pengguna jalan untuk melepaskan penat dan dahaga. Apalagi, suasana musim kemarau yang panas, menambah keinginan untuk selalu menyegarkan badan dengan meneguk es Dawet Batil.

Jika anda kebetulan sedang melintasi Desa Bulu Brangsi kecamatan laren, tak ada salahnya jika anda singgah di warung bu Ifa dan menikmati lezatnya es dawet batil.(86)

0 comments:

Post a Comment