WISATA AIR WADUK GONDANG



Selain sebagai sarana penampungan air bagi ribuan hektar sawah di Lamongan, Waduk Gondang di Lamongan jawa timur, juga menjadi tempat favourit untuk wisata air bagi keluarga dan para siswa yang tengah menikmati lburan panjang. Di samping bisa menikmati luasnya pemandangan air, Waduk Gondang juga menyediakan kebun binatang mini yang asri.

Waduk Gondang, terletak sekitar 20 Kilo Meter ke arah barat kota Lamongan. Untuk mencapainya, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Letaknya, di desa Gondang Lor kecamatan Sugio.

Waduk seluas 6,60 hektar dengan kedalaman 29 meter itu, di resmikan penggunaannya oleh mendiang Presiden Soeharto tahun 1987. Selama 23 tahun lamanya, waduk Gondang telah menjadi tumpuan bagi ribuan petani di Lamongan.

Sejak 9 tahun terakhir, pemerintah kabupaten Lamongan mengembangkan Waduk yang mampu menampung 25 Juta Meter Kubik air ini menjadi obyek wisata air yang menawarkan kesejukan. Obyek wisata ini, sangat cocok untuk wisata keluarga atau bagi para siswa yang tengah menikmati liburan panjang.

Salah satu fasilitasnya adalah perahu milik nelayan setempat yang siap mengantarkan para pengunjung menikmati luasnya Waduk Gondang dengan biaya 20 ribu rupiah. Apalagi, di tengah Waduk, para pengunjung bisa menyaksikan kesibukan nelayan lokal saat mencari ikan serta sejumlah bangunan keramba ikan milik petani setempat.

Debit air Waduk Gondang saat ini hanya berkisar 2 juta meter kubik akibat kurangnya curah hujan. Meski demikian, tak mengurangi pesona keindahan Waduk, bahkan terlihat makin ramai terutama pada sabtu dan minggu. Akhir-akhir ini tidak hanya pengunjung perorangan saja. Namun banyak pula rombongan keluarga yang datang untuk berwisata.

Disamping itu, Waduk Gondang juga menyediakan fasilitas kebun binatang mini yang binatangnya rata-rata merupakan sumbangan masyarakat setempat, seperti ular phiton, kera, burung, elang dan lain-lain yang banyak di sukai anak-anak.

Menurut salah seorang pengunjung, satu kelebihan Waduk Gondang adalah rindangnya pepohononan serta kesejukan yang terpancar dari air Waduk Gondang. “Sejuk dan asri”. Ujar Sri Wulandari asal Tuban.

Selama musim liburan sekolah tahun ini, arus pengujung wisata mulai naik sekitar 1 minggu terakhir. Biasanya, dalam sehari, jumlah pengunjung hanya 100 orang, saat ini bisa mencapai 150 orang.

Melihat antusiasnya masyarakat, pihak pengelola berencana menambah sejumlah fasilitas seperti penambahan koleksi hewan, area parkir serta menara yang memungkinkan para pengunjung melihat luasnya area pertanian di sekitar Waduk. (86)

1 comment: